KRISIS BOKO HARAM PAKSA 1,5 JUTA ORANG MENGUNGSI

Seorang tentara Nigeria sedang bertempur menghadapi kelompok Boko Haram. (Foto: AA)
Seorang tentara sedang bertempur menghadapi kelompok . (Foto: AA)

Abuja, 23 Dzulhijjah 1436/7 Oktober 2015 (MINA) — Komite Internasional Palang Merah melaporkan, hingga 1,5 juta orang terpaksa mengungsi dari rumahnya akibat krisis Boko Haram dan operasi militer yang dilakukan di wilayah timur laut Nigeria.

“Konflik antara Boko Haram dan tentara Nigeria telah memaksa lebih 1,5 juta orang meninggalkan rumah mereka. Jumlah meningkat mengejutkan,” kata Palang Merah dalam tweet, Selasa (6/10).

Media itu juga memaparkan video tentang seorang janda yang menceritakan cobaan yang mereka alami dalam krisis. Rekaman itu menunjukkan, sekitar 7.000 janda telah terdaftar di wilayah Maiduguri saja, Anadolu Agency melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Maiduguri adalah tempat dimulainya pemberontakan pada awal tahun 2000, ibukota dari negara bagian timur laut Borno, yang telah menjadi medan tempur terburuk sejak krisis berubah kepada konflik pada tahun 2009 dengan kelompok bersenjata Boko Haram.

Aisha Ibrahim Ishaku, salah satu janda yang direkam oleh Palang Merah, menceritakan bagaimana militan menculik anaknya 19 tahun dan kemudian menembak mati suaminya.

“Menjadi janda sangat sulit, bahkan untuk mencari pekerjaan,” katanya, meratapi betapa sulitnya untuk menemukan tempat tinggal dan makan untuk keluarga. (T/P001/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://aa.com.tr/en/world/nigeria-boko-haram-crisis-forced-15m-people-to-flee/433576

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0