Kristen Maronit Lebanon Desak Penunjukan PM Baru yang Bisa Hadapi Tantangan

Patriark Maronit Lebanon Beshara Al-Rahi. (Asia News)

Beirut, MINA – Pemimpin Kristen Maronit , Beshara al-Rahi, pada hari Ahad (18/7) menyerukan penunjukan perdana menteri baru yang memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan besar bagi negara.

“Kami menyerukan semua kekuatan politik untuk menyusun barisan di bawah tanggung jawab nasional mereka, saling berkonsultasi, dan menyebutkan tokoh Sunni untuk jabatan PM mendatang akan berada pada tingkat tantangan saat ini,” kata al-Rahi dalam khotbah Misa Minggu-nya, Nahar Net melaporkan.

Konstitusi Lebanon mengatur pembangian jabatan puncak yakni Presiden diduduki wakil Kristen Maronit dan jabatan Perdana Menteri diduduki Muslim Sunni.

Dia menambahkan bahwa kekuatan politik harus “bekerja sama untuk mempercepat proses pembentukan.”

“Inilah saatnya memikul tanggung jawab, bukan mundur, mengingat negara ini tidak menghadapi krisis pemerintahan biasa, melainkan krisis nasional habis-habisan yang membutuhkan penyatuan upaya semua orang,” lanjut al-Rahi.

Dia juga meminta para politisi untuk “mengatasi keegoisan, kepentingan, dan perhitungan elektoral sempit yang sayangnya mengendalikan pikiran mayoritas kekuatan politik dengan mengorbankan kepentingan nasional yang lebih tinggi.” (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.