KTT GCC-China Tegaskan Masalah Palestina Isu Sentral di Timur Tengah

Presiden Palestina Mahmoud Abbas berpartisipasi dalam KTT Arab-China untuk Kerjasama dan Pembangunan. (Foto: Wafa)

Riyadh, MINA – KTT GCC- untuk Kerjasama dan Pembangunan, yang diadakan hari Jumat (9/12) di Riyad, Arab Saudi, menegaskan bahwa masalah tetap menjadi isu sentral di .

Pernyataan resmi terakhir KTT menekankan masalah Palestina membutuhkan solusi yang adil dan abadi berdasarkan solusi dua negara, dengan mengakhiri pendudukan Israel atas wilayah Palestina dan mendirikan negara Palestina merdeka di perbatasan tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, sesuai dengan resolusi PBB yang relevan, Wafa melaporkan.

Pernyataan tersebut juga menegaskan ilegalitas permukiman Israel di wilayah Palestina dan Arab yang diduduki, menekankan perlunya mempertahankan status sejarah dan hukum Yerusalem Timur.

KTT GCC-China menekankan peran penting Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), menyerukan penerapan resolusi PBB terkait pengungsi dan perlindungan warga sipil Palestina.

Peserta KTT juga menyatakan penghargaan atas visi empat poin Presiden China Xi Jinping untuk menyelesaikan masalah Palestina, serta untuk serangkaian inisiatif dan visi yang diajukan oleh China terkait masalah Palestina. (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.