KTT OKI Ke-13 Fokuskan Pada Solidaritas Persatuan

Istanbul, 6 Rajab 1437/ 14 April, 2016 (MINA) – Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam () ke-13 yang dilaksanakan di Kota Istanbul, pada Kamis 14 April 2016.

Diatur untuk menyetujui pembentukan pusat kerjasama dan koordinasi antar anggota organisasi kepolisian di negara dalam upaya kolektif untuk memerangi terorisme dan ekstrimisme serta lintas batas serta kejahatan yang terorganisir, menurut sumber OKI kepada Saudi Gazette yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman adalah di antara lebih dari 30 kepala negara dan pemimpin dari 56 negara anggota yang akan menghadiri KTT di Pusat Konferensi Istanbul.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang meresmikan puncak KTT, dengan tema “Persatuan dan Solidaritas untuk Keadilan dan Perdamaian.”

Akan ada pertemuan pembahasan pada 12 dokumen penting, bagian atas dari yang menyelesaikan konflik dan kerusuhan yang mengganggu dunia Islam.

Agenda KTT juga mencakup masalah dan konflik Arab-Israel, yang memerangi terorisme, radikalisme, dan Islamofobia, serta situasi kemanusiaan di negara-negara anggota, 10 Tahun (2016-2025) Program Aksi OKI.

Menurut sumber OKI, Turki telah mengusulkan bahwa pusat polisi berbasis di Istanbul.

Sekretariat Jenderal OKI dipercayakan untuk tugas mengadakan pertemuan terbuka di kedua bidang hukum dan keamanan dalam menyelesaikan draft ketetapan untuk pusat, yang akan menjadi organ berafiliasi tubuh pan-Islam.

Sesi persiapan terpisah dari pejabat senior dan para menteri luar negeri, diselenggarakan dari Ahad hingga Rabu, untuk menyelesaikan agenda pertemuan puncak dan komunike akhir yang disebut “Deklarasi Istanbul.”

Erdogan, yang akan mengambil alih kepresidenan OKI dari Mesir, bertemu dengan organisasi Sekretaris Jenderal Iyad Madani pada Selasa untuk meninjau persiapan secara keseluruhan dan agenda KTT.

Isu perempuan dan anak-anak juga akan menepati puncak perhatian. Sekretariat Jenderal OKI akan dipercayakan untuk tugas mengembangkan strategi kesejahteraan anak dan masyarakat.

KTT ini bertujuan untuk melibatkan ulama dalam menjaga kesejahteraan anak-anak dan kesehatan fisik mereka, dengan mengundang ulama dan imam untuk mendukung kampanye pemberantasan polio dan mendorong orang untuk menanggapi kekerasan.

Hal ini juga akan merumuskan strategi untuk mencegah anak yang terpikat menyimpang dari ekstremis ideologi.

KTT juga akan membahas cara-cara untuk memajukan dan memberdayakan perempuan di negara-negara anggota.

Sumber mengatakan bahwa masalah vaksin dan memperkuat kekebalan di negara-negara Islam diduduki banyak pembahasan persiapan KTT.

Para pemimpin akan mendesak negara-negara untuk mengurangi pembatasan untuk bepergian ke Sierra Leone, Guinea, dan Liberia yang di bangun dari virus Ebola.

Para pemimpin akan membahas proposal yang diajukan oleh Aljazair yang menentang setiap intervensi militer di Libya.

KTT ini kemungkinan mendukung menciptakan iklim politik yang kondusif untuk karya Pemerintah Nasional Accord dari Libya, yang dipimpin oleh Fayez Al-Sarraj, yang mencoba untuk fokus otoritas yang sah dalam satu pemerintahan, dan mengakhiri keadaan divisi yang berlaku di negara sejak penggulingan rezim Muammar Gaddafi.

KTT akan membahas situasi saat ini di Lebanon dan implikasi dari isu pengungsi Palestina dan Suriah di negara tersebut.

Menurut rancangan resolusi, KTT menegaskan perlunya mendukung dan mendukung Libanon dalam upayanya untuk menjadi tuan rumah pengungsi Suriah.

Hal ini juga menyambut baik dialog antara partai-partai politik Lebanon untuk mengatasi perbedaan dan meredakan ketegangan politik dan mendorong rekonsiliasi nasional dan koeksistensi.(T/hna/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.