KTT U20 di Jakarta Bahas Kolaborasi Hadapi Tantangan Kesehatan, Hunian, dan Ekonomi

(Foto:Istimewa)

, MINA –  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Urban 20 () Mayors Summit 2022 yang digelar di Jakarta selama dua hari pada Selasa-Rabu (30-31/8) mendiskusikan permasalahan , , serta pemulihan , terutama setelah dua tahun lebih dunia berjuang melawan pandemi COVID-19.

U20 Mayors Summit menjadi puncak dari forum kepemimpinan Jakarta pada U20 tahun ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada kesempatan pembukaan di Jakarta, Selasa (30/8), mengajak seluruh pihak untuk bersama memperhatikan permasalahan isu strategis prioritas.

Gubernur Anies juga mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi agar setiap ide dan gagasan bisa diperoleh dari berbagai sudut pandang.

“Kita semua paham bahwa dalam dua tahun lebih ini ada pandemi. Kita harus pulih dan bangkit lebih kuat, kita harus bangkit lebih cepat. Itu semua akan diajukan ke dalam tiga isu untuk didiskusikan. Dan kemudian kita menghadapi dunia yang mengalami tekanan luar biasa karena pembangunan ekonomi kita,” ujarnya.

Gubernur Anies menjelaskan, pihaknya telah berupaya memprioritaskan KTT ini agar bisa membahas ketiga isu tersebut. Sehingga ia mengharapkan kolaborasi seluruh anggota U20 agar urusan kesehatan, hunian, serta pemulihan ekonomi pascapandemi bisa ditemukan solusinya.

“Saat ini kita semua berurusan dengan masalah yang lebih riil, yang setiap harinya dirasakan oleh masyarakat. Kita harus katakan bahwa semua yang hadir di sini akan menghadapi lebih banyak lagi masyarakat yang akan tinggal di area urban, di mana ketiga isu tadi berjalan beriringan. Inilah momentum yang tepat untuk dibahas dan kita diskusikan bersama,” ungkap Gubernur Anies.

Selain itu, Gubernur Anies juga menilai kehidupan urban perlu penataan khusus, bukan hanya masalah pembangunan secara fisik, namun juga dengan mengubah tingkah laku dan pola kehidupan masyarakat urban.

“Banyak orang yang tinggal di area pedesaan, tapi kita menghadapi fakta yang menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang ke kota. Jadi kota adalah tempatnya masalah. Ini semua harus kita tuntaskan, dan ini semua harus dibereskan dengan duduk bersama. Semoga pertemuan KTT U20 tahun ini bisa menawarkan solusi yang dibutuhkan untuk menjadikan Jakarta sebagai model Kota Masa Depan,” pungkas Gubernur Anies.

KTT U20 Tahun 2022 tersebut juga dihadiri Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto; Mendagri RI, Tito Karnavian; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Executive Director, C40, U20 Co-convener, Mark Watts; serta Secretary General, UCLG, U20 Co-convener, Emilia Saiz.

Selain itu juga dihadiri Walikota Rotterdam Ahmad Aboutaleb; Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil; Deputy Lord Mayor of Sydney Ms. Jess Scully; Executive Mayor of Tshwan Randall Williams; Presiden Fundacion Metropoli Alfonso Vegara; Senior Urban Specialist World Bank Mr. Luis Triveno, sebagai moderator; dan Urban Specialist, World Bank Yuko Arai.

Urban 20 (U20) merupakan bagian dari G20 Engagement Group.

U20 menyediakan wadah untuk kota-kota anggota G20 bersatu dan berdiskusi perihal isu-isu penting untuk dibawa ke Presidensi G20.(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.