KUH KJRI Jeddah Antar Pulang Seorang Jamaah Haji yang Sakit ke Tanah Air

Jakarta, MINA – Petugas Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah kembali mengantar seorang Indonesia yang , sebelumnya dirawat di Rumah Sakit King Abdullah, Mekah,  untuk kemudian dirawat di RS Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Jemaah atas nama Apani Kasim Rasidi (63) asal Embarkasi Banjarmasin ini, dalam keadaan berbaring diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada Rabu, 31 Agustus 2022, pukul 22:30 waktu Arab Saudi dengan Saudia Airlines No Penerbangan SV 820.

Jamaah  ini mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pukul 13:00 WIB, Kamis (1/9/2022).

Kepulangan jamaah ke Indonesia diantar dua petugas dari , yaitu: Muhamad Syafii bin Muhamad Hasyim dan Elvin Mansyur Badar.

“Alhamdulillah, perjalanan berjalan lancar. Kami ditugaskan mengantar pulang jamaah asal Banjarmasin, atas nama Apani Kasim Rasidi. Jamaah saat ini berada di RS Haji Pondok Gede guna melanjutkan perawatan,” terang Syafii setibanya di .

Nasrullah Jasam,  Konsul Haji KJRI Jeddah yang juga ada di Indonesia untuk mengikuti Rakernas Evaluasi Haji 1443 H,  menjelaskan, Apani Kasim Rasidi adalah Jamaah kloter 7 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 7) ini bisa diantar pulang setelah dinyatakan laik terbang.

“Jamaah sudah dinyatakan laik terbang sesuai Medical Information Form (Medif) dari pihak berwenang di Arab Saudi. Sehingga kami antar pulang ke Indonesia dalam keadaan berbaring,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini masih ada dua jemaah haji Indonesia yang dirawat di RS Arab Saudi.

“Satu pasien masih di ICU, satu lagi dalam proses persiapan untuk bisa dipulangkan ke tanah air,” jelasnya.

“Mohon doanya, semoga jamaah haji Indonesia lekas sehat, bisa segera kembali ke tanah air, dan berkumpul kembali dengan keluarganya,” harapnya.

Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 H telah dinyatakan berakhir oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 18 Agustus 2022. Sejak itu, masih ada delapan jamaah yang dirawat di RS Arab Saudi. Empat jamaah sudah pulang ke tanah air, dua jamaah wafat dan dimakamkan di Arab Saudi. Saat ini, masih dua jamaah yang sedang menjalani perawatan.(R/R5/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)