Lambung Bocor, Kapal KM Lestari Maju Kecelakaan di Perairan Selayar

Kepulauan Selayar, MINA – Sebuah kapal feri bernama mengalami kecelakaan di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7). Kapal tersebut memuat ratusan penumpang beserta barang muatan.

“Sebuah kapal bernama KM Lestari Maju alami kecelakaan laut hampir tenggelam di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulsel, pada 3/7/2018, 14.30 WITA,” ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, di akun Twitter-nya seperti dikutip MINA.

Sutop mengatakan kapal itu membawa penumpang dan kendaraan. “Diduga terjadi kebocoran (di) lambung kiri kapal,” kata dia.

Proses evakuasi dipimpin oleh Basarnas dengan dibantu oleh BPBD dan aparat terkait.

(KM) Lestari Maju merupakan angkutan penyeberangan dari pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, menuju pelabuhan Pamatata, Selayar. Belum diketahui berapa jumlah penumpang saat kejadian nahas tersebut.

KM Lestari Maju tenggelam saat melintas di Perairan Ujung Pabadilang, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Belum diketahui secara pasti apakah ada korban jiwa dalam insiden ini.

Laporan dari petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Bulukumba menyebutkan kapal mulai tenggelam sekitar pukul 14.30 Wita.

BPBD menyebutkan informasi sementara penyebab tenggelamnya KM Lestari Maju karena bocornya lambung kiri kapal tersebut. Namun belum diketahui kenapa lambung kapal tersebut bisa bocor.

Sutopo mengatakan laporan lanjut akan disampaikan jika sudah ada laporan lebih lengkap.

“Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD, Basarnas dan pihak lain. BNPB dan BPBD bersifat pendukung dalam penanganan kecelakaan laut karena focal point atau instansi yang berwenang menangani adalah Basarnas,” pungkasnya. (R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)