Laporan: Video Tunjukkan Tas yang Diyakini Berisi Jasad Khashoggi

Istanbul, MINA – Rekaman video yang bocor ke media Turki menunjukkan tim pembunuh Arab Saudi di Istanbul membawa tas yang diyakini berisi jasad jurnalis Jamal Khashoggi.

Pembunuhan terhadap jurnalis asal Saudi itu telah memicu kecaman internasional dan membahayakan hubungan Riyadh dengan sekutu Baratnya.

Video itu memperlihatkan kedatangan beberapa anggota tim ke kediaman konsul jenderal Saudi di Istanbul pada hari Khashoggi dibunuh di dalam konsulat, beberapa ratus meter dari kediaman itu.

Salah satu anggota tim terlihat membawa tas, yang menurut media Turki, mungkin berisi bagian tubuh Khashoggi, demikian Al Jazeera melaporkan yang dikutip MINA.

Wartawan senior tersebut adalah seorang kritikus terhadap Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Dia dibunuh dan dimutilasi di dalam konsulat, dalam apa yang disebut pemerintah Turki sebagai “pembunuhan berencana” yang dirancang oleh pemerintah Saudi.

Para pejabat Saudi telah membantah tudingan itu dan bersikeras bahwa Khashoggi tewas dalam “operasi jahat”.

Pemerintah Turki mengatakan, pembunuhan itu diperintahkan dari tingkat tertinggi kepemimpinan Saudi, menyiratkan Pangeran Mohammed berada di balik pembunuhan itu.

Namun, Kerajaan telah membela Putra Mahkota dan menegaskan bahwa ia tidak memiliki pengetahuan tentang pembunuhan itu. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)