Larangan Masuknya Peralatan Medis ke Gaza Bahayakan Ribuan Warga 

, MINA – memperingatkan, larangan Israel masuknya ke Jalur Gaza yang diblokade membahayakan nyawa ribuan warga Palestina.

“Sistem perawatan kesehatan yang buruk, dan kurangnya pasokan dan peralatan medis telah menyebabkan memburuknya kesehatan ribuan warga Palestina di Gaza,” kata PCHR dalam sebuah laporan. Dikutip dari MEMO, Selasa (28/3).

Laporan itu menunjuk pada apa yang digambarkannya sebagai pembatasan Israel terhadap masuknya peralatan medis dan obat-obatan, termasuk perangkat perawatan onkologi, perangkat radiologi intervensi, ultrasound dan stasiun oksigen.

Laporan itu menyerukan, komunitas Internasional untuk menekan Israel, memaksanya melakukan tugasnya sebagai otoritas pendudukan di bawah hukum kemanusiaan Internasional.

Karena merupakan tanggung jawab pertama dalam memberikan pasokan medis kepada penduduk Jalur Gaza, berdasarkan pasal 55 dan 56 dari Konvensi Jenewa Keempat tahun 1949.

Jalur Gaza, menjadi rumah bagi 2,3 juta penduduk, telah terguncang di bawah selama bertahun-tahun sejak 2007, sangat mempengaruhi mata pencaharian di wilayah tersebut. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.