Lebih 300 Santri Al-Fatah Cileungsi Gelar Buka Puasa Bersama 10 Muharram

Kab. Bogor, MINA – Sebanyak lebih 300 santri Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Kabupaten Bogor menggelar buka puasa bersama 10 Muharram 1441 H, Selasa (10/9).

Ustaz Imam Sulaiman, Pembina Santri Al-Fatah, menjelaskan tujuan paling mendasar adalah pendidikan, yaitu mendidik anak-anak untuk puasa hari Asyura.

“Selanjutnya untuk mengenali shaum (puasa) Asyura kepada santri itu mulainya kapan. Sehingga kita dapat menyampaikan kepada mereka tentang pelaksanaannya shaum Asyura berdasarkan jatuh pada 10 Muharram,” kata Iman kepada MINA.

Menurutnya, dari tanggal 9 Muharram santri sudah bisa melaksanakan puasa Asyura. “Alhamdulillah kita juga menggelar buka (puasa) bersama,” kata dia.

Dikatakannya, pihaknya mendidik anak-anak agar terbiasa melaksanakan ibadah-ibadah yang sifatnya sunnah dan memang ibadah yang sifat sunnah selalu dianjurkan.

“Bahkan ada yang shaum Senin-Kamis, shaum Daud. Bahkan ada yang lebih seperti juga shaum Arafah sebelum hari raya Idul Adha,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, santri Al-Fatah tidak ada yang merasa mengeluh, mereka berlomba-lomba dalam melaksanakan ibadah sunnah tersebut.

“Untuk itu, kita ingin menghidupkan kembali sunnah Rasul dimana sebagaian umat Islam jarang melaksanakan,” kata Iman.

Sejarah puasa Asyura adalah puasa yang dianjurkan Rasullullah Saw pada 9 atau 10 Muharram dalam hitungan tahun Hijriah, dianjurkan umat Islam untuk berpuasa pada hari itu. (L/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)