Lebih Dari 10 ribu Muslim Demo Tuntut Ahok di Balai Kota

Jakarta, 13 Muharram 1438/14 Oktober 2016 (MINA) – Lebih dari 10 ribu Muslim dari berbagai ormas Islam melakukan pawai menuntut proses hukum atas tuduhan oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama “” terhadap surat Al-Maidah ayat 51.

Para demonstran damai yang berpakaian serba putih, seusai shalat Jumat, bergerak dari Masjid Istiqlal menuju kantor sementara Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), setelah itu menuju DKI Jakarta.

Sementara menurut Sekretaris Jenderal Dewan Syuro DPD DKI Jakarta, Habib Novel Bamukmin, sebanyak 50.000 massa telah hadir di Balai Kota untuk ikut berpartisipasi dalam demo hari Jumat ini.

Pimpinan massa yang juga salah satu orator pawai, Rizieq Shihab, melalui pengeras suara menegaskan, aksi kali ini tidak berhubungan dengan kepentingan politik apa pun. Rizieq juga mengatakan kepada para demonstran untuk melakukan tuntutan dengan damai dan tertib.

Di atas mobil pengeras suara, ditemani oleh ulama popular Bachtiar Nasir bersama dengan Kapolda Metro Jaya Irjenpol Mochamad Iriawan dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana.

Sebanyak 8.380 personel pengamanan gabungan dari TNI dan Polri menjaga ketat kantor Gubernur DKI.

Ahok yang menyerahkan pengamanan hari ini kepada kepolisian mengatakan akan melakukan mediasi dengan peserta demo jika kondisinya memungkinkan. Meskipun tidak ada kejelasan pasti mengenai maksud pernyataan tersebut.(T/R04/R01)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.