Ledakan Dekat Pabrik Kimia di Cina Tewaskan 22 Orang

Beijing, MINA – Sebuah ledakan terjadi dekat pabrik kimia di Kota Zhangjikaou, Provinsi Hebei utara China yang menewaskan 22 orang dan melukai 22 orang lainnya, Rabu (28/11).

Sebuah video ledakan yang dipublikasikan oleh media pemerintah memperlihatkan, asap hitam yang mengepul dan nyala api yang membakar, sementara foto-foto menunjukkan deretan mobil dan truk yang hangus terbakar di sepanjang jalan itu, demikian Aljazeera melaporkan.

Menurut kantor berita resmi Xinhua, setidaknya terdapat 50 kendaraan yang hangus terbakar.

Sebuah siaran pers resmi mengatakan, ledakan itu terjadi pada tengah malam di dok pemuatan di samping pabrik Hebei Shenghua Chemical Industry Co. Ltd.

Dalam rentang waktu tiga dekade pertumbuhan ekonomi yang cepat di , telah terjadi berbagai insiden, mulai dari bencana penambangan yang mematikan hingga kebakaran pabrik. Hal itu membuat kemarahan publik atas standar keselamatan telah meningkat.

Cina telah bersumpah untuk meningkatkan standar industri, tetapi para aktivis lingkungan mengatakan, mereka takut lemahnya pengawasan terus berlanjut, termasuk proses produksi yang tidak jelas dalam mengolah bahan kimia berbahaya.

Pada Agustus 2015, sebanyak 165 orang tewas dalam ledakan gudang bahan kimia di kota pelabuhan Tianjin.  Sebuah laporan pemerintah menemukan, bencana itu disebabkan oleh bahan-bahan berbahaya yang disimpan secara tidak benar atau sembarangan.  (T/Ais/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.