Liga Arab Bahas Upaya Pendekatan Israel ke Afrika

PM Israel Benyamin dalam sebuah kunjungan ke negara Afrika. Foto: KUNA

Kairo, 19 Ramadhan 1438/14 Juni 2017 (MINA) – Dewan mengadakan pertemuan luar biasa di tingkat anggota perwakilan tetap, untuk membahas isu Palestina dan menghadapi upaya pengaruh Israel yang berkembang di Afrika.

Berbicara di acara tersebut, Senin, perwakilan permanen Palestina Jamal Al-Shoubaki memperingatkan terhadap bahaya infiltrasi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi negara-negara Arab dan stabilitas wilayah tersebut.

“Israel berusaha menampilkan dirinya sebagai negara merdeka di wilayah Timur Tengah dan Afrika, meski melakukan kejahatan terhadap warga Palestina,” katanya.

Dalam hal ini, dia menyebutkan kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di sejumlah negara Afrika bulan lalu. Dia juga berbicara tentang keikutsertaan Netanyahu di KTT Komunitas Ekonomi Afrika Barat (ECOWAS) pekan lalu, dan upayanya menyelenggarakan KTT Afrika-Israel dengan Togo bulan Oktober mendatang.

Al-Shoubaki menyebut Israel, yang memiliki hubungan diplomatik dengan sekitar 45 negara Afrika, dapat mempengaruhi suara negara-negara tersebut untuk menentang upaya keanggotaan Palestina di badan PBB.

Sementara itu, dia meminta Dunia Arab untuk mengambil tindakan serius guna menghadapi ancaman Israel yang terus berkembang dan sepenuhnya mendukung negaranya di tingkat regional dan internasional.

Dia juga meminta misi Liga Arab di Afrika untuk melakukan upaya lebih lanjut demi mencegah dampak Israel berkembang di benua tersebut.(T/RE1/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)