Lima Bank Israel Masuk Daftar Hitam Gereja Utama AS

(Dok. Thejerusalemconnection.us)
(Dok. Thejerusalemconnection.us)

Washington, 4 Rabi’ul Akhir 1437/14 Januari 2016 (MINA) – Dewan Pensiun United Methodist Church memboikot investasi di lima bank karena pelanggaran hak asasi manusia, pengumuman yang disampaikan pada Selasa (12/1).

United Methodist Church merupakan salah satu denominasi Protestan terbesar di ranah Amerika Serikat (AS)

Lima bank tersebut, Bank Hapoalim, Bank Leumi, First International Bank of Israel, Israel Discount Bank, dan Bank Mizrahi-Tefahot, masing-masing terlibat dalam pembiayaan pembangunan permukiman ilegal di sejumlah wilayah Palestina yang diduduki Israel, Christian Today melaporkan.

Menurut keterangan pers yang dietrima , yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), langkah United Methodist Church ini diyakini yang pertama kalinya sebuah dana pensiun dari gereja AS yang besar telah memilih untuk terlibat dalam aksi divestasi dari bank Israel. Keputusan itu juga digambarkan sebagai langkah penting dalam kampanye Boikot, Penghentian saham, dan Sanksi (Boycott, Divest, dan Sanction/BDS).

BDS adalah kampanye internasional untuk menekan Israel atas perampasan dan pendudukan wilayah Palestina. Gerakan internaisonal itu telah digambarkan sebagai kampanye untuk menghancurkan Israel oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Dewan Pensiun United Methodist Church telah mendaftar 39 perusahaan dari beberapa negara yang akan dikeluarkan dari tujuan investasi masa depan. Alasannya, puluhan perusahaan itu disebut gagal memenuhi pedoman-pedoman Kebijakan Investasi Hak Asasi Manusia yang mereka persyaratkan.

Daftar itu mencakup perusahaan konstruksi Israel, Shikin & Binui, yang dinilai sangat terlibat dalam pembangunan permukiman ilegal di tanah Palestina.

“Dewan tidak memboikot perusahaan Israel tanpa pandang bulu, dan dana tetap diinvestasikan di sekitar 18 perusahaan Israel yang memenuhi kriteria investasi kami,” ungkap Colette Nies, juru bicara dewan pensiun.

Sebuah kelompok dalam struktur United Methodist Church yang telah banyak berkampanye untuk divestasi atas situasi Palestina, United Methodist Kairos Response, menyambut dengan antusias keputusan dewan pensiun itu.

“Sepengetahuan kita, ini adalah yang pertama kalinya sebuah gereja Amerika telah memilih untuk mengecualikan bank Israel dari portofolio investasi mereka,” ujar Susanne Hodder, juru bicara kelompok itu. (T/P022/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)