Lima Pengungsi Tewas di Lepas Pantai Libya, Lebih 100 Diselamatkan

Tripoli, MINA – Mayat lima pengungsi ditemukan ketika lebih dari 100 orang diselamatkan setelah kapal mereka tenggelam di lepas pantai , Senin (18/6).

Perwira Angkatan Laut Libya, Rami Ghommeidh mengatakan, para penolong Libya membutuhkan waktu tiga jam untuk mencapai perahu karet yang tenggelam.

Seorang yang selamat mengatakan, mereka sebelumnya sudah dekat dengan kapal Italia yang menolak menyelamatkan mereka.

“Ketika kami semakin dekat dengan penyelamat Italia, mereka tidak menyelamatkan kami sehingga kami menunggu di sana,” katanya, demikian The New Arab melaporkan.

Kepanikan terjadi ketika para penumpang berusaha naik ke atas kapal Libya, karena perahu pengungsi dengan cepat dipenuhi air.

“Ketika mencoba memanjat sisi kapal penyelamat, tiga wanita dan dua bocah lelaki jatuh ke air dan tenggelam,” katanya.

Ghommeidh tidak mengidentifikasi korban, tapi ia membenarkan lima orang tewas dan 117 orang yang selamat, termasuk wanita dan anak-anak.

Mereka dibawa ke ibu kota Tripoli setelah diselamatkan.

Libya adalah titik keberangkatan utama bagi ribuan migran dan pengungsi yang berharap mencapai Eropa, meskipun ratusan orang tenggelam setiap tahun saat mengarungi rute laut.

Badan pengungsi PBB mencatat, sejauh tahun ini, sekitar 40.000 orang telah selamat dari penyeberangan, sementara lebih dari 800 dicatat tewas atau hilang. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.