Lima Warga Gaza Tewas, 370 Luka Oleh Tembakan Tentara Israel

Sejumlah demonstran Gaza Palestina terluka oleh tembakan di perbatasan Gaza-Israel, 15 Mei 2011. (Foto: Flash90/Hamad Almakt)

Gaza, MINA – Empat warga Palestina tewas dan 370 orang terluka oleh peluru langsung dan karet pasukan Israel di Jalur Gaza pada Jumat (30/3), ketika serangkaian protes besar-besaran dimulai di pagar keamanan yang mengelilingi Gaza.

Kementerian Kesehatan Gaza yang dipimpin Hamas melaporkan, empat orang tewas selama protes massal di sepanjang perbatasan, membuat total korban tewas di hari itu menjadi lima orang.

Sebelumnya pada Jumat pagi, seorang petani Gaza tewas oleh tembakan tank Israel, beberapa jam sebelum demonstrasi di mulai.

Sebagian besar korban terluka oleh peluru karet dan gas air mata hingga pukul 14.30 waktu lokal, demikian Times of Israel melaporkan.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memperkirakan, sekitar 17.000 warga Palestina ikut ambil bagian dalam demonstrasi “Maret Kembali” di sepanjang perbatasan Gaza, tersebar di lima lokasi protes utama.

Situs-situs utama untuk protes di Gaza diadakan di Rafah dan Khan Younis di selatan, el-Bureij dan Gaza City di pusat, dan Jabalya di bagian utara. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)