LIPI Lakukan Pembinaan Ilmiah Bagi Guru SMA di Sulawesi Selatan

Barru, MINA – Sebagai komitmen dalam pembinaan tenaga pendidik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan Pelatihan Metodologi Penelitian Ilmiah bagi Guru SMA dan sederajat di Barru, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya LIPI untuk menanamkan budaya ilmiah di masyarakat terdidik, yaitu siswa, mahasiswa, dan guru,” kata Kepala Biro Kerjasama Hukum dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas dalam keterangan pers yang dikutip MINA, Kamis (6/12).

Menurut Nur, LIPI mempunyai tanggung jawab mengembangkan iptek melalui kegiatan pembinaan ilmiah. “Melalui kegiatan pelatihan ini, LIPI berharap peserta guru dapat meningkatkan pengetahuan metodologi penelitian ilmiahnya serta dapat membimbing anak didiknya dalam melakukan penelitian,” ujar Nur.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber peneliti Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, Dede Heri Yuli Yanto. Selama dua hari Senin dan Selasa (3-4/12), peserta ini diberikan materi pengantar penelitian dan penulisan karya ilmiah, teknik pengumpulan dan pengolahan data, teknik penulisan dan presentasi karya ilmiah, dan penyusunan proposal penelitian ilmiah.

“Dalam pelatihan ini peserta diharapkan sudah dapat membuat proposal penelitian ilmiah yang baik dan benar,” ujar Dede.

Salah satu peserta guru dari SMAN 4 Barru, Hasby mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk  memotivasi para guru untuk melakukan penelitian dan untuk mengajar anak-anak didik.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut secara rutin dan dibentuk Kelompok Ilmiah Remaja di sekolah-sekolah dan tingkat kabupaten. Kemudian dilanjutkan kegiatan penelitian bersama dan bisa diikutkan ke kompetisi ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan oleh LIPI,” sambung Hasby.

Selain di Barru, kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian Ilmiah bagi Guru juga diselenggarakan di Bone, Wajo, Soppeng, dan Maros. Peserta di masing-masing daerah tersebut berjumlah 50 orang. (R/R09/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)