LIVNI DESAK AS VETO RESOLUSI PALESTINA DI PBB

TZIPI LIVNI

Mantan Menteri Kehakiman Israel, Tzivi Livni. (Foto: AA)
Mantan Menteri Kehakiman , Tzivi Livni. (Foto: AA)

Al Quds, 28 Safar 1436/21 Desember 2014 (MINA) – Mantan Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni pada Sabtu mendesak Menteri Luar Negeri (AS) John Kerry untuk memveto rancangan di .

Yordania atas nama Palestina telah mengajukan rancangan resolusi Palestina yang menetapkan batas waktu penarikan mundur Israel dari wilayah Palestina yang diduduki, Tepi Barat dan Yerusalem Timur pada 2017, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurut Radio Israel Public, Livni yang memimpin Partai Kadima mengatakan, dia “bangga” dirinya “berhasil” dalam melindungi kepentingan vital Israel di Dewan Keamanan selama ini.

Sementara itu, majalah Foreign Policy mengutip sumber tanpa nama yang mengatakan, Kerry mengatakan kepada utusan Eropa, bahwa Washington tidak akan mengizinkan rancangan resolusi untuk proses perdamaian Timur Tengah lolos di Dewan Keamanan sebelum pemilihan umum Israel, yang dijadwalkan Maret 2015.

Jika dipungut suara, diperlukan setidaknya sembilan suara dari 15 anggota Dewan Keamanan untuk lulus.

Meski ini bisa, bagaimanapun akan diveto oleh salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan,  yaitu AS sebagai sekutu setia Israel. (T/P001/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0