“MAAF, KAMI TAK BISA KENDALIKAN ANGIN,” KATA WAPRES JUSUF KALLA

Wapres Jusuf Kalla di forum APEC
Wapres Jusuf di forum

Manila, Filipina, 6 Shafar 1437/1 November 2015 (MINA) – “Maaf, kami tidak bisa mengendalikan angin.”

Ini adalah pesan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rabu, ketika ditanya tentang kabut asap yang berasal dari Indonesia dan kini masih menyelimuti langit sebagian kawasan Asia Tenggara, termasuk Filipina.

“Kami tidak ingin kabut asap terjadi di mana saja, tetapi kami tidak bisa mengendalikan angin. Jadi, jika ia berhembus ke negara lain, maaf, kami tidak bisa mengendalikannya,” kata Kalla dalam suatu acara di KTT CEO APEC di Makati City.

KTT CEO APEC mmasuki hari terakhir dan diadakan bersamaan dengan KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) tahun ini di ibukota Filipina, demikian laporan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) mengutip Philstar News.

Ditanya dalam sebuah forum terbuka apa yang akan dilakukan Indonesia untuk mengatasi kabut asap, Kalla menjelaskan bahwa saat ini fenomena El Nino membuat segalanya menjadi sulit.

Dikatakannya, kondisi diharapkan akan membaik tahun depan, tetapi menambahkan bahwa hutan Indonesia membuat tugas tersebut suatu yang menakutkan.

“Pokoknya, kami tidak mengenakan biaya untuk bulan-bulan dengan cuaca yang baik,” kata Kalla.

Singapura dan Malaysia adalah dua negara Asia Tenggara yang paling terdampak kabut asap, tetapi bulan lalu Filipina mengatakan telah mencatat kondisi berkabut di wilayah Visayas dan Mindanao.

Kalla mewakili Presiden Joko Widodo yang tak dapat datang ke KTT APEC yang dimulai hari Rabu ini. (T/R07/R01)

Mi’raj Islam News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0