Macron dan May Akan Tekan MBS Atas Kasus Khashoggi di KTT G20

Buenos Aires, MINA – Beberapa pemimpin dunia yang hadir di KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, menyatakan akan menekan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) terkait kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan pada pertemuan hari Jumat (30/11) itu, mereka akan meningkatkan tekanan selama pembicaraan dengan MBS di sela-sela KTT.

May mengatakan, dia juga akan menekan bin Salman atas serangan pimpinan Saudi di Yaman yang membuat jutaan orang berada di ambang kelaparan.

“Arab Saudi perlu memastikan bahwa penyelidikan mereka adalah penyelidikan penuh, kredibel, transparan, orang-orang dapat yakin dengan hasilnya, dan mereka yang bertanggung jawab dimintai pertanggungjawabannya,” kata May kepada Sky News, demikian Times of Israel melaporkan yang dikutip MINA.

Sementara Presiden Macron mengatakan kepada wartawan sebelum bertemu dengan MBS, ia “tidak diragukan lagi” akan menyebut kematian Khashoggi dalam pertemuannya.

Pembunuhan terhadap Khashoggi oleh 15 agen dari Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu, telah memicu kemarahan luas terhadap pemerintah Kerajaan.

Kasus itu telah menyudutkan MBS karena beberapa pelaku pembunuhan adalah pengawal pribadinya.

Meski belum terungkap siapa pemberi perintah pembunuhan, badan intelijen AS CIA sebelumnya telah menyimpulkan bahwa MBS adalah tokoh di balik pembunuhan tersebut. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)