Madrasah Technonatura Raih Tiket World Championship Robot 2019 di USA 

Sydney, MINA – Tim yang diberi nama Java Knights mendapat penghargaan “Allstar Rookie” dalam kompetisi Robotik Regional Pacific Selatan di Sydney, Ahad kemarin (17/3). Atas raihan ini, Java Knight mendapat tiket mengikuti  World Championship Roboto 2019 di USA.

Direktur Madrasah Technonatura Riza Wahono menjelaskan, dalam kompetisi ini, game yang diberikan panitia bertemakan “Destination: Deep Space.” Peserta kompetisi diberi tantangan untuk membuat robot yang membantu peluncuran roket ke ruang angkasa.

Tim JavaKnights merancang dan membangun sistem control mekanis, listrik, perangkat lunak, serta mengintegrasikan semuanya ke dalam satu mesin, yang dikendalikan dari jarak jauh.

“Tim Java Knights berkesempatan belajar ketrampilan teknik, merakit logam, pemrograman Java C ++ atau National Instruments LabVIEW, sistem control, serta Cumputer-Aided Design (CAD) dan sejumlah teknik lainnya,” ujar Riza Wahono di Jakarta, Senin (18/03) demikian dikutip dari Kemenag.

Menurut Riza yang juga sebagai pendamping tim, penghargaan “Allstar Rookie” diberikan kepada Java Knights karena sebagai tim pendatang baru, tim ini mampu menunjukkan kualitas yang sama seperti kriteria pada Award Chairman.

“Alhamdulillah, tim Java Knights mendapatkan penghargaan Allstars Rookie. Sebelumnya, di ajang Southern Cross di Sydney pada 12 MAret 2019, Java Knights juga meraih penghargaan Rookie Inspiration Award. Dengan penghargaan Allstars Rookie, tim Java Nights mendapatkan tiket untuk mengikuti First Robotics Competition (FRC) 2019 di USA bulan April mendatang,” jelas Riza.

Riza menjelaskan, FRC 2019 adalah sebuah kompetisi olimpiade robot yang bertujuan membangun pemuda masa depan. Kompetisi ajang dunia yang berskala besar dan internasional ini bertujuan mengajak mentor dan siswa berumur 14-18 tahun untuk membangun robot yang berfungsi sesuai dengan target dan bertarung di kompetisi namun tetap menciptakan lingkungan yang professional dan ramah bagi seluruh tim dunia.

“FRC 2019 adalah kompetisi robot, bukan kontest perkelahian robot. Tema dan gamenya didesain sedemikian rupa seperti olahraga di olimpiade dengan prinsip yang solid dari sportifitas, kerja sama, keramahan, kasih sayang dan tetap professional,” paparnya.

Ia menambahkan, dalam membangun robotnya, siswa belajar keterampilan hidup yang berharga seperti kerja tim, berkolaborasi, berbicara di publik, serta keterampilan sains dan rekayasa teknik. Siswa diajarkan untuk saling menghormati, bersahabat terhadap semua tim lainnya sebagaimana terhadap timnya sendiri. (R/R10/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)