Mahasiswa Muslim Indonesia Diharap Lakukan Aksi Dukungan Terhadap Kashmir

Jakarta, 26 Muharram 1438/ 27 oktober 2016 (MINA) – Mahasiswa Muslim Indonesia diharapkan melakukan aksi dukungan terhadap kasus yang menimpa Muslim di Kashmir yang sampai saat ini belum lepas dari penyiksaan sejak puluhan tahun lamanya.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar untuk Indonesia Mohammad Aqil Nadeem dalam peringtan “” di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI), Jakarta, Kamis (27/10).

“Kami ingin mahasiswa Indonesia melakukan aksinya dalam memperjuangkan Kashmir, seperti yang saat ini ramai menggunakan media sosial. Saya yakin masing-masing mahasiswa mempunyai lebih dari satu media sosial, dengan menunjukkan sikap atas kepedulian kalian terhadap Kashmir, itu sudah membantu,” ujarnya di hadapan dosen, rektor dan mahasiswa yang hadir.

Muslim Kashmir telah mengalami kekerasan sepanjang hidup mereka. Sejak 70 tahun lalu, India berusaha mengakui Kashmir yang subur dan menjadi sengketa puluhan tahun lamanya dengan Pakistan.

“Kami harap mahasiswa Muslim yang ada di Indonesia bisa membantu hal ini, dengan banyaknya jumlah mahasiswa, setidaknya bisa mengampanyekan kemerdekaan terhadap Kashmir, hal ini akan didengar masyarakat luas. Kami ingin hal ini terjadi seperti Indonesia yang memperjuangkan rakyat Palestina,” katanya.

Menurut Nadeem, India berusaha mengecilkan penduduk Muslim yang mayoritas di Kashmir, sehingga setelah populasi Hindu berkembang dan menguat, maka India akan membawa Kashmir ke PBB untuk mengakuinya sebagai bagian dari India, sesuai dengan perjanjian tahun 1947 yang disepakati tiga pihak bersama Inggris dan Pakistan.

Saat Inggris angkat kaki dari India, ketiga pihak sepakat untuk membagi dua wilayah Kashmir. Bagian wilayah Muslim yang mencapai sekitar 80% dari populasi masuk menjadi bagian dari Pakistan, sedangkan area Hindu yang kecil menjadi wilayah India.

Namun, Nadeem melanjutkan, India tidak melaksanakan apa yang telah disepakatinya. Malah, terus berusaha menaklukan Kashmir melalui penindasan. (L/P007/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.