Mahasiswa UIN Jakarta Gelar Olimpiade Matematika XVI Se-Indonesia

Jakarta, 19 Dzulhijjah 1437/21 September 2016 (MINA) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (HMJ-PMTK) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta kembali menggelar kegiatan (Optika) XVI Se-Indonesia tingkat madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah, dan Sekolah Islam.

Acara yang bertujuan sebagai bentuk partisipasi dalam mempersiapkan persaingan global yang lebih luas itu akan dilaksanakan pada 17 September sampai 1 Oktober 2016.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Yusron Razak mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat karena dapat menjadi bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah dan sekolah Islam, khususnya dalam bidang matematika. Demikian laporan laman resmi UIN yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Yuhyi Yanto berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi untuk menghadapi segala persaingan global sehingga Indonesia mampu menjadi “Man of The Match”.

“Agar kegiatan ini berjalan lancar, kami sangat membutuhkan kritik dan saran yang membangun serta dukungan materiil dan spiritual dari sivitas akademik UIN Jakarta dan pihak-pihak terkait demi tercapainya tujuan tersebut,” ujar Yuhyi.

Yuhyi menjelaskan, Optika ini merupakan perkembangan dari kegiatan Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan PMTK FITK UIN Jakarta kali pertama pada 1988.

“Dulu namanya LCCM, sekarang Optika dan sudah yang ke-16 berlevel nasional,” imbuhnya. “Merujuk pada peserta Optika XV yang mencapai 1.000 peserta, panitia tidak mungkin menyeleksi hanya dengan satu tahap. Oleh karena itu, pelaksanaan Optika XVI diselenggarakan melalui empat tahap,” papar Yuhyi. (T/P006)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.