Majelis Mudzakarah Masjid Istiqlal Himpunan Para UlamaTokoh Lintas Keilmuan

Jakarta, MINA- Launching Majelis Mudzakarah Masjid (M3I) , dengan tema “Meneguhkan Kontribusi Ulama Untuk Bangsa: Dimensi keagamaan, Sosial ekonomi dan Budaya” Rabu, (2/9).

KABID Pendidikan dan Penelitian Faried Saenong, Ph. D, dalam sambutannya mengatakan Majelis Mudzakarah Masjid Istiqlal merupakan majelis para ulama untuk memberikan masukan, ide, rekomondasi kepada umat dan pemerintah, serta siapapun yang membutuhkan, terkait isu-isu keagamaan yang berkembang baik di Indinesia maupun di tempat lainnya, M3I ini merupakan program unggulan yang ada di Istiqlal.

Majelis Mudzakarah Masjid Istiqlal (M3I), menghimpun para tokoh ulama, akademisi dan pakar dari berbagai latar belakangkeilmuan, khususnya dibidang kajian keislaman di Indonesia.

Selain itu, hal ini bertujuan untuk mengkaji masalah-masalah keagamaan yang dihadapi masyarakat dan bangsa Indonesia dan merumuskan rekomondasi kepada pemerintah bagaimana memberikan solusi, terhadap berbagai persoalan bangsa khususnya di bidang sosial keagamaan.

Adapun kegiatan Rincian M3I yaitu; 1.Melakukan ijtima bulanan, untuk membahas masalah keumatan baik dalam ibadah, muamalah, sosial, ekonomi dan politik. 2, Melakukan pertemuan insidentil setiap ada isu dan persoalan keagamaan dan kebangsaan yang membutuhkann kontribusi M3I dalam penyelesaiannya.

Selanjutnya, 3. Merumuskan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi umat dan bangsa. 4, melakukan publikasi (buku atau jurnal) hasil kajian bulanan dan tahunan. 5, Melakukan press release, konferensi pers dan media provoking (TV Istiqlal) dari hasil kajian dan keputusan yang dihasilkan.

Beberapa narasumber yang turut hadir dalam acara tersebut yakni: Imam besar masjid istiqlal . Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, guru besar UIN Jakarta Prof. Dr. KH Said Aqil Husin Al Munawar, Imamam Islamic Center Of New York, Dr. Shamsi Ali, MA dan keynote speaker Prof. Dr. KH. M. Quraish Shihab, MA (Pendiri PSQ). (L/SH/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.