Presiden MU PBB Menekankan Pentingnya Berikan Harapan untuk Palestina

New York, MINA – Presiden  Majlis Umum , Csaba Korosi menyampaikan pidato penutupan Sesi ke-77 Sidang Majelis Umum PBB terkait Hari Palestina Sedunia di Markas Besar PBB di New York, baru baru ini.

Ia menekankan pentingnya memberi harapan dan kabar gembira kepada rakyat Palestina.

“Pengalaman kita mengatakan, masyarakat internasional harus berusaha mengembalikan harapan di tengah warga Palestina, khususnya kaum muda” kata Korosi.

Dia menyerukan upaya yang serius untuk mengembalikan harapan tentang persamaan hak asasi dan kesetaraan di antara sesama manusia dan bangsa-bangsa di dunia.

Harapan yang tidak kalah penting bagi bangsa Palestina adalah kemerdekaan, kesejahteraan yang dapat dicapai  melalui usaha dan kerja sama strategis yang didasarkan pada kompromi sejarah.

Juga harapan bahwa konflik Israel – Palestina tidak berlangsung selamanya. Pun harapan bahwa hak untuk melanjutkan pembangunan negara menjadi hak semua bangsa. Harapan bahwa kepemimpinan politik akan mampu melayani rakyat banyak. Serta harapan bahwa pasti ada solusi buat semua.

“Saya mohon kepada Anda semua hari ini agar memahami perasaan orang Palestina. Saya harap kita semua mendukung solidaritas kepada mereka,” paparnya.

“Kita harus menegaskan kembali solidaritas kita untuk hak mereka guna menentukan nasib sendiri. Kita masih bertahan dengan sejumlah kesepakatan awal yang dirancang untuk meringankan kesulitan di awal masa pemisahan (UN Partition 1967),” tambahnya.

“Tujuan kita adalah untuk melihat Timur Tengah yang bebas dari konflik, dan dapat sepenuhnya mendayagunakan potensi besar rakyatnya.” tutupnya dalam pidato itu. (R/Gd/P2/P1)

Mi’raj News Agncy (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.