Malaysia Akan Gelar Penganugerahan Penghargaan Halal Dunia Tahun Depan

Logo Malaysia yang dipasang di salah satu restoran di sana. (Foto: themalaymailonline.com)

Kuching, MINA – Malaysia akan menggelar ajang penganugerahan penghargaan halal dunia “International ” pada tahun depan, demikian Borneo Post melaporkannya yang dikutip MINA, Rabu.

Chief Executive Officer (CEO) SME Corporation Malaysia Datuk Hafsah Hashim mengumumkan hal ini saat konferensi pers kemarin di Borneo Convention Center Kuching (BCCK) – tempat penyelenggaraan Forum Ekonomi Islam Dunia (WIEF) ke-13.

Dia menjelaskan, program penghargaan halal dunia ini merupakan inisiatif bersama dari SME Corp, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (Jakim) dan Serunai Commerce Sdn Bhd.

“Penghargaan akan diberikan kepada badan sertifikasi halal dan perusahaan produksi halal internasional, sebagai upaya untuk mempromosikan dan menumbuhkan industri halal serta memberikan kontribusi terhadap ekonomi halal global,” kata Hafsah kepada wartawan.

Dia juga menjelaskan, program penghargaan ini akan dilaksanakan setiap tahun dengan misi untuk mempromosikan serta mendukung pertumbuhan industri halal dan manfaat sertifikasi halal untuk barang dan jasa yang didistribusikan secara global.

Penghargaan tersebut akan mewakili pergeseran industri menjadi lebih konsumen-sentris dan juga mengenali merek dan inisiatif yang akan memacu industri halal lebih jauh berkembang.

Sementara itu, Hafsah mengungkapkan investasi ke industri halal Malaysia mencapai US $ 3 miliar tahun lalu, telah menciptakan 11.000 lapangan kerja baru dan memberikan kontribusi untuk ekspor makanan halal senilai lebih dari US $ 10 miliar.

Dia menambahkan, dengan proyeksi pertumbuhan dipertahankan pada 20 persen dari tahun ke tahun sejak 2012, potensi ekonomi halal tetap ‘tidak ada bandingannya’.

“Malaysia telah banyak berinvestasi dan secara proaktif selama bertahun-tahun untuk meningkatkan apa yang diakui saat ini sebagai salah satu segmen konsumen dengan pertumbuhan tercepat di dunia – mewakili sebagian besar perdagangan global dengan nilai pasar saat ini sebesar US $ 6,4 triliun,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Direktur Jakim Divisi Halal Datuk Dr Sirajuddin Suhaimee mengatakan selama beberapa tahun terakhir, departemen tersebut telah melibatkan lembaga sertifikasi dari seluruh dunia untuk memperluas akses penerimaan peraturan sertifikasi halal di

“Kami yakin bisa mengatakan bahwa standar halal Malaysia berlaku sebagai patokan global yang terbaik,” tegas Sirajuddin.

“Penghargaan Halal Internasional benar-benar merupakan perpanjangan alami dari posisi global Jakim di industri ini saat kami menggunakannya untuk menyoroti dan menghargai mereka yang melampaui apa yang menyangkut kepatuhan halal, inovasi, keunggulan, integritas, transparansi, akademisi dan teknologi,” tambahnya. (T/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

‘International Halal Awards to be introduced next year’