MAN IC Kota Palu Mulai Beroperasi Tahun Ini

, 14 Syawwal 1437/19 Juli 2016 (MINA) – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Palu mulai beroperasi pada tahun ajaran 2016/2017. Peresmian operasional MAN IC Palu ini dilakukan oleh Dirjen Pendidikan Islam, di Palu, Sabtu (16/7) lalu.

Dalam sambutannya Kamaruddin Amin menegaskan bahwa MAN IC merupakan lembaga pendidikan dengan sistem boarding school yang diinisiasi oleh Kementerian Agama bekerjasama dengan sejumah Pemerintah Daerah untuk menyiapkan generasi yang terbaik untuk Indonesia, demikian keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Proses pendirian MAN IC Kota Palu sendiri bermula dari komitmen Pemerintah Daerah menghibahkan tanah seluas 10 Ha pada tahun 2013 yang kemudian dilanjutkan dengan  pembangunan sarana fisik serta penyiapan SDM oleh Kementerian Agama RI.

Kamaruddin berharap sinergi ini bisa terus berjalan optimal demi menghadirkan pendidikan madrasah berkualitas di Kota Palu. Kepada para guru dan siswa, Kamaruddin berpesan agar membangun sinergi dalam mengukir prestasi di era global. Apalagi, keberadaan MAN IC Kota Palu ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang pendidikan.

“Saya yang jadul amat, tradisional sekali, dan penuh dengan kesederhanaan saja mampu meraih Guru Besar dan sampai menjadi Dirjen Pendis. Kelak kalian bisa menjadi gubernur, menteri, bahkan presiden. Terpenting, lulusan madrasah harus menjadi pribadi yang bermanfaat, apapun profesinya,” kata Kamaruddin menyemangati para siswa baru.

Kepala MAN IC Kota Palu, Shoim Anwar berharap kehadiran MAN IC di Kota Palu dapat menjawab kegundahan dan kehawatiran para orang tua siswa. Melalui konsep boarding school yang mengadopsi konsep pendidikan pesantren, MAN IC nantinya tidak hanya mendidik siswa agar unggul di bidang penguasaan iptek, tetapi juga menguasai ilmu agama.

Kegiatan launching dan penyambutan Peserta Didik Baru dilaksanakan di 17 MAN IC mulai tanggal 15-18 Juli 2016. Hadir pada acara peresmian dan launching di MAN IC Kota Palu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin, Kabid Pendidikan Madrasah, Junaidin, Dekan Fakultas Ushuluddin IAIN Palu, Saude, Kankamenag Kota Palu, Kamad MAN IC Kota Palu, Soim Anwar dan orang tua wali murid. Turut hadir juga jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Polda Sulawesi Tengah, dan sejumah warga masyarakat.

MAN IC Kota Palu menjadi satu dari 8 MAN IC yang mulai beroperasi tahun ini. Adapun 7 MAN IC lainnya adalah  MAN IC di Padang Pariaman Sumatera Barat, Bengkulu Tengah Bengkulu, Kota Batam Kepulauan Riau, Sambas Kalimantan Barat, Tanah Laut  Kalimantan Selatan, Sorong Papua Barat, dan MAN IC Kota Kendari Sulawesi Tenggara. (T/ima/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.