Mantan Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja Meninggal Dunia

Jakarta, MINA – Mantan Gubernur yang menjabat di periode 1992-1997 Letjen. Purn. Soerjadi Soedirdja meninggal dunia pada hari ini, Selasa (3/9). Kabar duka itu disampaikan Menkopolhukam Mahfud Md melalui akun Twitter-nya.

“Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Sahabat seperjuangan yang dikenal lurus dan tawadhu’, mantan Mendagri dan Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja telah wafat,” tulis Mahfud melalui akun Twitter @mohmahfudmd, Selasa (3/8/2021).

Berdasarkan informasi, Soerjadi wafat di RS Mayapada Jakarta. Soerjadi meninggal karena sakit yang dideritanya. Mahfud pun mendoakan almarhum Soerjadi mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. “Insyaallah dan semoga mendapat surga-Nya. Amiin,” kata Mahfud.

Gubernur Jakarta menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berdoa untuk mendiang Soerjadi Soedirdja.

“Kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan keluarga, harap mengadakan doa untuk Almarhum. Kita doakan, husnul khatimah, dilapangkan kuburnya, dilipatgandakan semua pahala, dan amal kebaikannya. Dan keluarga diberikan kekuatan, ketabahan,” ujar Anies.

Dalam pesan duka citanya, Anies Baswedan juga mengimbau jajaran Pemprov DKI Jakarta yang beragama Islam untuk salat ghaib bagi alhamhum Soerjadi Soedirdja. “Bagi yang beragama Islam, harap selenggarakan sholat Ghaib setelah Dhuhur siang ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, Letnan Jenderal TNI (Purn) Soerjadi Soedirdja lahir di Jakarta, 11 Oktober 1939. Almarhum merupakan salah satu tokoh militer dan politikus Indonesia.

Semasa kepemimpinannya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Soerjadi Soedirdja pernah membuat proyek pembangunan rumah susun, menciptakan kawasan hijau, dan juga memperbanyak daerah resapan air.

Adapun proyek kereta api bawah tanah (subway) dan jalan susun tiga (triple decker) yang sempat didengung-dengungkan pada masanya belum terwujud. (L/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.