Mantan Politikus Belanda Anti-Muslim Jadi Mualaf

Amsterdam, MINA – Seorang mantan politikus Belanda sayap kanan yang dikenal sangat membenci Islam, mengumumkan pada Senin (4/2) bahwa ia telah memeluk agama Islam.

Bermula dari menulis buku tentang Islam sehingga ia banyak melakukan studi tentang Islam, telah mengubah pandangan (39 tahun) tentang Islam, dan ia pindah agama Oktober lalu, lapor media setempat.

Van Klaveren menjabat sebagai anggota parlemen untuk Partai Kebebasan (PVV) dari 2010 hingga 2014. Demikian TRT melaporkan yang dikutip MINA, Selasa (5/2).

Dia mengundurkan diri dari partai itu setelah pernyataan rasis pemimpin PVV, Geert Wilders, tentang orang Maroko dan mendirikan partainya sendiri, tetapi gagal memenangi kursi dalam pemilihan nasional 2017, dan keluar dari politik.

Van Klaveren mengatakan saat menulis ia menemukan banyak hal “yang membuat pandangan saya tentang Islam goyah,” ujarnya kepada Radio Belanda.

Keputusan Van Klaveren ini mengikuti jejak Arnoud van Doorn, mantan anggota PVV lain yang sebelumnya telah pindah agama ke Islam.

Van Doorn memuji van Klaveren di Twitter. Dia mengatakan tidak pernah berpikir sebelumnya,  dia akan melihat begitu banyak orang yang bertobat dari bekas partainya. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)