MAPIM Dukung Malaysia Buka Kedutaan untuk Palestina di Yordania

Putrajaya, MINA – Majlis Perundingan Islam Malaysia () mendukung rencana Perdana Menteri Malaysia Mohamad untuk membuka Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia untuk Palestina yang terakreditasi di Yordania.

“Kami sangat mendukung Dr Mahathir yang telah mendukung pembukaan kedutaan di Palestina untuk memungkinkan bantuan dan dukungan agar disalurkan kepada orang-orang Palestina,” kata Presiden MAPIM Mohd Azmi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Sabtu (26/10).

Menurut MAPIM, memutuskan kedutaan Malaysia akan berlokasi di Yordania dan ditugaskan untuk Palestina adalah keputusan yang bijaksana dan strategis.

“Kami mendesak pemerintah Malaysia melalui Kementerian Luar Negeri untuk memasukkan masyarakat sipil (NGO) di Malaysia dalam memberikan bantuan kepada Palestina,” katanya.

.

“Kami tidak bermaksud membuka kedutaan hanya untuk memungkinkan Malaysia memberikan bantuan kepada Palestina dengan lebih mudah, tetapi juga membantu pembangunan Palestina,” paparnya.

Menurutnya, butuh bantuan untuk fokus pada Palestina dan membangun hubungan dengan berbagai lembaga di seluruh dunia dalam memberikan bantuan dan berpartisipasi aktif melalui kampanye-kampanye.

“Komunitas dunia tahu bahwa Israel telah menyetujui hampir semua resolusi PBB. Sayangnya PBB sendiri tidak bisa berbuat apa-apa,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa MAPIM mengutuk sikap beberapa negara Arab yang berhubungan dengan Israel.

“Kami tegaskan bahwa kami mengutuk sikap beberapa negara Arab yang saat ini berada dalam hubungan yang tegang dengan Tel Aviv untuk menormalkan Israel dan akhirnya melakukan hubungan diplomatik dengan negara mereka,” katanya.

MAPIM menilai bahwa hal itu adalah tindakan pengkhianatan bagi perjuangan Palestina. (T/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.