Marco Minniti: Tak ada Kontradiksi antara Islam dan Konstitusi Italia

Pusat Kebudayaan dan Masjid Agung Roma .(Foto: Archnet)

Roma, MINA – Menteri Dalam Negeri Italia Marco Minniti membantah klaim bahwa Islam bertentangan dengan Konstitusi Italia, menekankan pentingnya mempromosikan integrasi dan dialog antaragama.

Pernyataan Minniti disampaikan saat ia mengunjungi Pusat Kebudayaan Islam dan Masjid Agung Roma, lokasi sebuah forum dialog interaktif yang ia ikuti pekan kemarin, demikian IINA melaporkannya.

Beberapa perwakilan komunitas Muslim hadir dalam acara bertema “Muslim Italia bersama untuk sebuah masyarakat yang kohesif” itu.

Minitti mengatakan, Italia secara historis telah mengadopsi pendekatan dialog antaragama yang selalu terbuka. Dia menambahkan, integrasi adalah kunci masa depan dan sebuah negara yang mengintegrasikan warganya.

Menteri juga menegaskan, demokrasi harus bekerja untuk membebaskan dunia dari kekhawatiran, menyerukan untuk membangun aliansi dengan dunia Islam untuk menyingkirkan masalah ini.

Sementara itu, Kepala Pusat Kebudayaan Islam juga anggota parlemen Khaled Shawqi menekankan keinginan Muslim Italia, yang berjumlah 1,6 juta jiwa, untuk terlibat aktif dalam acara dialog.

Dia mengatakan, mereka berkomitmen pada nilai dasar Republik Italia, dan untuk membangun sebuah contoh koeksistensi berdasarkan persamaan.(T/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.