Masjid At-Taqwa Cileungsi Selenggarakan Telaah Buku ‘Ayo Berzakat’

Cileungsi, Bogor, MINA – Masjid Al-Fatah, Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor mengelar bedah buku spesial Ramadhan dengan judul “Ayo Berzakat” Ahad (10/4).

“Buku yang ditulis ini adalah hasil dari penelitian ilmiah thesis kami tentang zakat dengan suatu pendekatan komunikasi persuasif, untuk mengajak umat berzakat,” kata Deni Rahman yang menjadi Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Fatah, Cileungsi, Bogor.

Untuk itu katanya, harta dalam pandangan Islam pada hakikatnya adalah milik Allah, maka perlu di zakatkan jika sudah melebih nisabnya.

“Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan apabila telah memenuhi syarat-syarat. Salah satunya jumlah harta telah mencapai nisab atau batas kepemilikan seorang Muslim selama satu tahun untuk wajib mengeluarkan zakat,” imbuhnya.

Ia mengatakan, ada dua jenis zakat Pertama, zakat fitrah atau zakat yang dikeluarkan saat Ramadan. Kedua, zakat mal atau harta. Zakat ini dikeluarkan sesuai harta atau penghasilan yang diperoleh setiap bulan. Zakat mal bisa diberikan dalam bentuk, uang, emas, surat berharga, dan saham.

“Proses penerbitan buku penelitian ilmiah thesis untuk menyelesaikan kuliah di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta,” ujar Deni.

Ia mengharapkan, buku ini menjadi bahan bacaan para praktisi zakat dan akademik di kampus. Selain ada panduan sederhana menunaikan zakat, buku ini juga berisi dalil-dalil yang bisa dijadikan rujukan para pegiat pengumpul dana zakat.

Buku tersebut diluncurkan pada rangkaian acara Taklim Pusat Jamaah Muslimin (Hizbullah) 1443H. (L/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.