MASJID HARUS JADI PUSAT PENGEMBANGAN EKONOMI SYARIAH

Masjid-An-Nubuwwah

Masjid-An-Nubuwwah
An-Nubuwah Ponpes Al-Fatah Lampung. (Foto : Istimewa)

Batam, 29 Shafar 1436/22 Desember 2014 (MINA) – Peranan masjid terus didorong sebagai tempat pengembangan berbasis . Langkah itu dapat ditempuh dengan melibatkan perbankan dan lembaga keuangan mikro syariah mendirikan kantor cabangnya di rumah ibadah.

”Saatnya kita membuat mesjid menjadi pusat aktivitas ekonomi dan melahirkan entrepreuneur syariah,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI Asman Abnur, pada acara Talkshow di Batam beberapa waktu lalu sebagaimana rilis resmi Info Publik yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Pendiri Yayasan Jabal Arafah itu menuturkan, masjid harus bisa menjadi daya tarik dengan potensi luar biasa. Masjid harus memiliki multifungsi untuk menciptakan aktivitas ekonomi.

Saat ini, di Batam saja jumlah masjid mencapai 800. Dengan jumlah itu, maka besarnya peluang untuk menggerakan ekonomi masyarakat sangat luas. Karena itu, setiap masjid mutlak diperlukan program yang jelas termasuk sistem, sehingga pengelolaannya bisa maksimal.

Kemudian masjid dapat mendirikan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Syariah yang bisa melayani pembiayaan masyarakat.

“Masjid juga bisa mempunyai LKM syariah untuk memberikan pinjaman kecil misalnya Rp. 1 juta hingga Rp. 10 juta untuk pengembangan usaha masyarakat,” kata pengusaha yang per

nah menjabat sebagai Wakil Walikota Batam pada tahun 2001 lalu.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Yulfiswandi mengatakan masjid membutuhkan pengelolaan yang profesional untuk bisa mendorong peran sebagai basis pengembangan ekonomi syariah.

Selain itu, masjid juga harus menjadi pusat ilmu pengetahuan agar bisa menjadi edukasi bagi masyarakat.

Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis untuk kemajuan peradaban umat Islam. Sejarah telah membuktikan multi fungsi peranan masjid tersebut. Masjid bukan saja tempat shalat, tetapi juga sebagai pusat pendidikan, pengajian keagamaan, pendidikan, militer dan fungsi-fungsi  sosial-ekonomi lainnya.

Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pun telah mencontohkan multi fungsi masjid  dalam membina dan mengurusi seluruh kepentingan umat, baik di bidang ekonomi, politik, sosial, pendidikan, militer, dan lain sebagainya. (T/R05/R03)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0