Masjid Tulang Bukti Sejarah Nabi Muhammad di Al-Ula

Al-Ula, MINA – atau dikenal pula dengan nama adalah sebuah masjid bersejarah di provinsi Al-Ula, Arab Saudi, terletak 300 km sebelah utara Madinah.

Pada tahun kesembilan setelah Hijrah, ketika Nabi Muhammad sedang dalam perjalanan untuk berperang, ia menandai arah kiblat untuk shalat menggunakan tulang, karena ia tidak dapat menemukan batu atau kayu.

Untuk menandai peristiwa tersebut, penduduk di daerah itu membangun sebuah masjid di tempat itu dan menamakannya Masjid Al-Izam (Masjid Tulang).

Masjid tersebut terbuat dari batu dan lumpur digunakan untuk menutupi dindingnya, tetapi telah mengalami beberapa kali restorasi.

“Sebutan masjid dapat ditemukan di banyak sumber ilmiah terkenal,” kata Abdullah Kaber, seorang peneliti di otoritas pembangunan Madinah, demikian Arab News melaporkan.

Dia mengatakan, Masjid Al-Izam telah menarik perhatian Raja Salman yang fokus pada pemulihan sejumlah masjid bersejarah di seluruh Kerajaan.

Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH) berencana untuk mengembangkan pariwisata di Al-Ula karena menyimpan banyak situs dan peninggalan bersejarah. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0