Massa Aksi Bela Baitul Maqdis Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Istiqlal dan Monas

Jakarta, MINA – Aksi Indonesia atau Aksi 115 digelar hari ini, Jumat (11/5/2018) dimulai pada waktu subuh.

Pantauan Kantor Berita MINA, massa Aksi Bela Baitul Maqdis mulai memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat sejak pukul 03.30 WIB, Jumat (11/5/2018).

Massa aksi menjalankan ibadah salat subuh berjamaah di Masjid Istiqlal. Dalam shalat, imam membacakan Surat As-Sajadah, serta turut mendoakan Palestina dan Suriah dalam qunut.

Usai shalat subuh, Ketua Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis sebagai pelaksana, Ustadz Bachtiar Nasir (UBN) menyampaikan beberapa pengumuman.

Setelah itu peserta khidmat berdizikir dipimpin oleh Pendiri Majelis Az-Zikra KH Arifin Ilham. Nantinya, peserta aksi akan sama-sama longmarch menuju kawasan Monas.

Selain di Istiqlal, peserta aksi juga telah berdatangan ke lapangan Monumen Nasional (Monas).

Ribuan massa juga menunaikan Shalat Subuh berjamaah tepat di depan panggung utama aksi bela Palestina tersebut.

Makanan dan minuman gratis juga disediakan yang dibagikan beberapa orang dari sejumlah Ormas. Massa terus berdatangan ke Monas untuk mengikuti aksi tersebut.

Selanjutnya pada pukul 06.30 WIB akan dilakukan pembacaan Alquran Surat Al-Isra dan Al-Kahfi dari 1.000 hufaz (penghafal Alquran).

Aksi solidaritas ini diperkirakan menyedot antusiasme masyarakat. Aksi ini dilakukan menyoroti konflik Palestina dan Israel yang bermula pada perebutan bangunan suci atau Baitul Maqdis di Yerusalem.

Sementara itu, beberapa personel Polri, TNI, dan Dishub DKI Jakarta tampak juga mengamankan area di sekitar pintu masuk Monas di dekat Patung Kuda Arjuna Wijaya.

Aksi Solidaritas untuk Palestina bertajuk “Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis” atau Aksi 115 yang digelar Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis dari sejumlah organisasi massa (Ormas dipusatkan di Monas Jakarta hingga shalat jumat berjamaah.

Direncanakan hadir dalam aksi itu, antara lain Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin, anggota Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama Ustadz Bachtiar Nasir, KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, Ustaz Felix Siauw, dan Ustaz Abdul Somad.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0