Masyarakat Indonesia di Eropa Gelar Pameran “Kemilau Zamrud Khatulistiwa”

Frankfurt, MINA – Perhimpunan untuk Indonesia Maju () bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Frankfurt, , menyelenggarakan “Kemilau ” pada Sabtu (19/3) di RuruHaus, Kassel, Jerman.

Perayaan ulang tahun kedua PETJ yang lahir pada 2 Februari 2020 di Budapest, Hongaria ini diwarnai dengan pameran dan penjualan kerajinan budaya Nusantara, pertunjukan budaya Indonesia, bazaar aneka kuliner tradisional hingga kuis berhadiah dari KJRI Frankfurt.

Dalam rilis yang diterima MINA, acara ini digelar untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jerman sejak 1952 di berbagai bidang, baik ekonomi, pendidikan, sosial, budaya.

Selain itu, juga menyambut penyelenggaraan International Art Exhibition Documenta Fifteen, Juni hingga September 2022, dimana seniman Indonesia dipercaya menjadi kurator pagelaran seni berskala internasional.

Konjen RI di Frankfurt, Jerman, Acep Somantri, mendukung penuh acara ini.

KJRI Frankfurt juga menggelar Warung Konsuler yang menawarkan layanan perpanjangan paspor dan layanan kekonsuleran lainnya, meliputi legalisasi, surat keterangan, lapor diri, perubahan data, visa ke Indonesia, kewarganegaraan, dll, bagi mereka yang telah mendaftar sebelumnya.

Ketua Umum PETJ Ari Manik menjelaskan, pagelaran budaya Indonesia ini untuk mempererat hubungan antar sesama warga Indonesia dan Friends of Indonesia di Eropa.

“Kami juga menggalang dana bagi masyarakat di Indonesia yang terdampak Covid-19 melalui penjualan tombola berhadiah sebagai pengganti tiket masuk. Meski menetap di Eropa, hati kami tetap terpatri untuk Tanah Air Indonesia,” ujarnya.

Beberapa kali PETJ telah menggalang dana dari bagi masyarakat Indonesia yang terdampak Covid-19 maupun korban berbagai bencana alam di Tanah Air.

Masyarakat Indonesia di Eropa antusias mengikuti acara PETJ ini. Hingga batas akhir registrasi online, terdaftar sekitar 400 orang peserta. Pembatasan jumlah peserta dilakukan sesuai aturan protokol kesehatan Pemerintah Jerman.

Peserta wajib menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19, bukti pulih dari penularan Covid-19 ataupun tes Covid-19 dengan hasil negatif. Peserta juga diwajibkan mengenakan masker FFP2 selama acara berlangsung.

PETJ menggalang kerja sama masyarakat Indonesia di Eropa. PETJ menampung aspirasi dan inspirasi mendukung pembangunan Indonesia Maju melalui berbagai departemen yang dimiliki, seperti ekonomi dan investasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, sosial, budaya, Hak Asasi Manusia (HAM), kesenian dan pariwisata, politik dan kaderisasi, lingkungan hidup, energi baru dan terbarukan, media dan kampanye.

PETJ kini memiliki Dewan Pengurus Wilayah di Austria, Belanda, Hongaria, Jerman, Portugal, Swiss dan simpatisan di 13 negara lain di Eropa.

Acara ini merupakan kerja sama dengan berbagai sponsor meliputi Aquamarine Shipping Consultant, Rasa Rindu Indonesia Market, Asiatische Träume Airways Travel, Logistik Bavaria, E. Heublein Floristik & Gartenbau.

Selain itu, juga didukung oleh berbagai organisasi masyarakat Indonesia di Jerman meliputi Bad Hersfeld dan Göttingen, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Kassel, Grup Swargaloka Nusantara, Maharddika, Grup Pengajian Kassel, Persekutuan Kristen Indonesia (PERKI) Kassel, Gebhini, Merpati Frankfurt dan Perempuan Pelestari Budaya di Jerman.(R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)