Masyarakat Islam Indonesia di Perancis Ikuti Kajian Online Saat Ramadhan

Masyarakat Islam Indonesia di Prancis Ikuti Kajian Online Saat Ramadhan (foto: Kemlu RI)

Paris, MINA – Masyarakat Islam Indonesia di Perancis mengisi Ramadhan tahun ini dengan cara yang berbeda dari sebelumnya, kali ini berbagai kegiatan kajian Islam dilakukan secara daring.

Tahun ini Bulan Ramadhan berada di tengah-tengah suasana confinement, suatu pembatasan sosial dalam skala besar yang diberlakukan di Perancis sejak 17 Maret 2020 untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Pergerakan manusia dibatasi hanya untuk kegiatan yang bersifat darurat, dengan tetap memperhatikan jarak. Orang berkumpul dalam jumlah besar pun dilarang termasuk untuk ibadah Shalat Jumat dan Shalat Tarawih di masjid.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris bersama dengan Perhimpunan Masyarakat Islam Indonesia di Perancis (PERMIIP) telah bekerjasama dengan Corps Dai Dompet Dhuafa di Indonesia menyelenggarakan kajian Islam secara daring selama bulan Ramadan.

Kajian tersebut diselenggarakan tiga kali seminggu dan menyangkut tema-tema terkait akidah, fiqh, self-development, isu-isu kesehatan dan parenting.

Pada tanggal 23 April 2020 telah dilaksanakan diskusi tentang kesehatan bersama dr. Edwin Pitono dan pada tanggal 30 April 2020 adalah acara dialog bersama psikolog Ibu Anggun Meylani Pohan.

akan senantiasa mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan kemasyarakatan baik yang bersifat keagamaan, kesenian, olahraga dan sebagainya,” kata Duta Besar Indonesia untuk Perancis, Andorra, Monako dan UNESCO Arrmanatha Nasir.

Mantan Juru Bicara Kementerian Luar Luar Negeri RI tersebut juga mengatakan, kegiatan Salat Idul Fitri pun akan menunggu kebijakan Pemerintah Perancis terkait pengakhiran confinement, ketentuan social distancing serta memperhatikan anjuran dari Masjid Besar Paris.

“Peningkatan keimanan dan tali silaturahmi yang erat antar lapisan masyarakat diharapkan dapat memperkuat sinergi dan meningkatkan etos kerja dalam mendukung pelaksanaan tugas diplomasi Indonesia di Perancis,” ujarnya. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.