MEA 2016, Tantangan dan Peluang Bagi Arsitek Indonesia

ITB

Bandung, 22 Rabi’ul Akhir 1437/2 Februari 2016 (MINA) – Tahun ini, 2016 merupakan gerbang masuk Indonesia di kancah internasional pada (MEA). Demi mencapai tujuan MEA yaitu penyamarataan taraf ekonomi profesi-profesi tertentu juga bebas bersaing di perdagangan jasa lintas negara di Asia Tenggara, salah satunya .

Terkait hal tersebut, seminar bertajuk “Arsitek Indonesia Menghadapi AEC dan MRA” yang diselenggarakan oleh Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) beberapa waktu lalu ini mengupas tentang posisi arsitek Indonesia dalam persaingan dengan arsitek-arsitek dari sembilan negara ASEAN lainnya. Demikian laporan dari laman resmi ITB yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Seminar yang digelar di Galeri Gedung Arsitektur Labtek IX B ITB ini menghadirkan tiga pembicara utama yang telah berpengalaman di dunia profesional arsitek yaitu Adriyan Kusuma, Ahmad Djuhara dan Robby Dwikojuliardi.

Ketika berbicara mengenai profesi arsitek, perlu digarisbawahi bahwa arsitek yang terkualifikasi untuk lintas jasa di MEA adalah arsitek profesional yang telah bersertifikasi. Sertifikasi yang diakui di Indonesia sendiri adalah Sertifikat Keahlian (SKA) Arsitek. Sayangnya, dari total sekitar 11.000 arsitek Indonesia, yang telah bersertifikasi SKA kurang dari 50%. Hal ini dinilai dapat menghambat iklim kompetisi arsitek Indonesia di MEA nanti.

Sistem dan tata alur keprofesian seperti hierarki perundang-undangan serta standar dan perizinan juga menjadi sorotan untuk dibenahi. Hal ini dikarenakan selain kompetensi pribadi dari seorang arsitek, sistem dan tata alur keprofesian dibutuhkan untuk mendukung karir arsitek Indonesia di skala internasional.

Tak dapat disangkal bahwa sistem dan tata alur keprofesian arsitek di Indonesia dapat dikatakan masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Akibatnya, kolaborasi arsitek Indonesia dengan negara-negara lain masih merupakan hal langka sehingga kurang terbiasa dengan iklim kompetisi internasional.

Meskipun demikian, bukan berarti Indonesia serta merta tidak akan mampu bersaing di MEA dalam bidang keprofesian arsitek. Indonesia punya potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kemampuan individu yang tak kalah dengan arsitek-arsitek lainnya di Asia Tenggara. “Arsitek Indonesia bahkan diakui oleh asing, hanya saja kurang kesempatan untuk unjuk kemampuan,” ujar Ahmad Djuhara.

Kekayaan budaya Indonesia juga menjadi aspek menjual di MEA ini. Karya-karya anak bangsa yang unik dan berbeda lahir dari perpaduan nuansa nusantara dan teknologi masa kini. Pembangunan-pembangunan yang sedang digalakkan di Indonesia seperti tol Trans Jawa dan bandara-bandara baru juga menjadi peluang yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (T/P006/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)