Meksiko Akan Adukan AS ke WTO Terkait Tarif Impor

, MINA – Mengikuti langkah Uni Eropa, Pemerintah Meksiko mengancam akan mengajukan pengaduan resmi kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengenai tarif baru Amerika Serikat (AS) pada impor logam dari Meksiko dan sejumlah negara lain.

Kementerian Ekonomi Meksiko mengumumkan keputusan untuk memulai proses penyelesaian sengketa di bawah payung WTO.

“Menanggapi langkah-langkah AS yang telah diterapkan terhadap ekspor baja dan aluminium Meksiko, Meksiko mengumumkan akan memulai proses penyelesaian sengketa di bawah Organisasi Perdagangan Dunia,” kata Kementerian Ekonomi dalam sebuah pernyataan, demikian Press TV melaporkan, Senin (4/6).

Menurut Kementerian, Meksiko menganggap bahwa tindakan yang dipaksakan oleh AS di bawah Bagian 232 dari perundang-undangannya melanggar perjanjian WTO dan Perjanjian Umum tentang Tarif dan Perdagangan 1994.

Pada Jumat (1/6), AS menaikkan pajak impor pada baja dari negara-negara asing menjadi 25 persen dan pada aluminium hingga sepuluh persen.

Langkah tersebut telah memicu reaksi marah dari mitra global Washington.

Meskipun Gedung Putih bersikeras pada hari Senin (4/5) bahwa hubungan yang kuat dengan Meksiko akan terus berlanjut meskipun ada tarif baru, Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray menekankan bahwa Meksiko akan mengambil langkah-langkah balas dendam terhadap Washington. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0