Memperbanyak Doa Empat Perkara pada Bulan Ramadhan

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita Islam MINA (Miโ€™raj Islamic News Agency)

Kehadiran bulan di antaranya adalah bulan dikabulkannya -doa orang-orang beriman.

Di dalam sebuah hadist disebutkan doa atau bacaan yang mesti diperbanyak sepanjang bulan Ramadhan adalah memohon , seperti dalam hgadits:

ูˆูŽุงุณู’ุชูŽูƒู’ุซูุฑููˆุง ูููŠู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู ุฎูุตูŽุงู„ู: ุฎูŽุตู’ู„ูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุชูุฑู’ุถููˆู†ูŽ ุจูู‡ูู…ูŽุง ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูู…ู’ุŒ ูˆูŽุฎูŽุตู’ู„ูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู„ูŽุง ุบูู†ู‹ู‰ ุจููƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุงุŒ ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ุฎูŽุตู’ู„ูŽุชูŽุงู†ู ุงู„ู„ู‘ูŽุชูŽุงู†ู ุชูุฑู’ุถููˆู†ูŽ ุจูู‡ูู…ูŽุง ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูู…ู’: ููŽุดูŽู‡ูŽุงุฏูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุชูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููˆู†ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‘ูŽุชูŽุงู†ู ู„ูŽุง ุบูู†ู‹ู‰ ุจููƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ู‡ู…ูŽุง : ููŽุชูุณู’ุฃูŽู„ููˆู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽุŒ ูˆูŽุชูŽุนููˆุฐููˆู†ูŽ ุจูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู

Artinya: โ€œDan perbanyaklah padanya (bulan Ramadhan) membaca empat hal (perkara), yang dua hal adalah untuk mendapatkan keridhaan Tuhanmu dan yang dua lainnya adalah tiada kemampuan kalian mendapatkannya (Allah yang memiliki). Dua hal yang pertama adalah syahadat bahwa tiada Tuhan selain Allah (ู„ุง ุงู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡), dan yang kedua adalah kalian beristighfar (ุงุณุชุบูุฑุงู„ู„ู‡) kepada-Nya. Dan dua hal yang bukan milik kalian adalah mintalah syurga dan berlindunglah pada-Nya dari api neraka. (H.R. Ibnu Khuzaimah di dalam Shahihnya).

Empat perkara yang dibaca itu adalah:

ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ู„ู‡ูุŒ ุฃูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑู ุงู„ู„ู‡ูŽุŒ ุฃู‘ุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุงู„ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽุŒ ูˆุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู

Kalimat Tauhid,ย yang maknanya โ€œAku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allahโ€, menunjukkan keteguhan jiwa kita terhadap keesaan Allah. Seraya mengakui bahwa tiada hukum, kekuatan, perintah kecuali dari Allah.

Juga menandakan bahwa memang tiada daya dan upaya, apapun yang terjadi adalah atas kehendak Allah. Kita hanyalah manusia biasa yang lemah tak berdaya. Tak berhak sombong sedikitpun.

Kewajiban kita adalah menyembah-Nya dengan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.

Keteguhan orang beriman terpatri pada kalimat Tauhid โ€œLaa Ilaaha Illallaahโ€, bahwa tiada sesembahan, ketaatan, pelindung, penolong, hukum, kekuatan dan segalanya kecuali Allah.

Kalimat Istighfar, yang artinya โ€œAku memohon ampun kepada Allahโ€, menunjukkan pasrah kita atas segala dosa dan maksiat selama ini. Seraya berharap Allah berkenan mengampuninya pada bulan Ramadhan ini. Lebih-lebih menjelang akhir Ramadhan. Jangan sampai menjadi orang yang merugi, yaitu setelah perginya bulan Ramadhan, tapi dosa-dosanya tidak diampuni Allah, akibat masih tersus saja berbuat maksiat mengingkari-Nya.

Aku memohon kepada-Mu (ya Allah) akan surga.ย Bermakna kita sangat berharap akan surga Allah yang penuh dengan kenikmatan abadi. Sebuah ganjaran atas amal shalih hamba-hamba-Nya yang diterima di sisi-Nya.

Aku berlindung dengan-Mu (ya Allah) dari api neraka.ย Sebuah pengharapan betapa kita tidak akan sanggup menghadapi siksa api neraka.ย Maka, kitapun berlindung daripadanya.ย 

Semoga kita dapat melazimkan empat perkara pada bulan Ramadhan ini dengan โ€œimaanan wahtisabanโ€, keyakinan dan pengharapan akan ridha Allah. Semoga Allah menerima puasa Ramadhan kita dan amal-amal ibadah kita lainnya pada bulan penuh berkah Ramadhan ini. Aamiin Yaa Mujiibas Saaโ€™iliin. (RS2/RS1)

Miโ€™raj Islamic News Agency (MINA)