Menag Buka Rakor Penguatan Fungsi Agama Islam

Lukman Hakim Saifuddin saat membuka Rapat Koordinasi Penguatan Fungsi Agama dalam Pembangunan Nasional di Jakarta, Jumat (11/8). Foto: Istimewa

Jakarta, MINA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka acara “Rapat Koordinasi Penguatan Fungsi Agama dalam Pembangunan Nasional” di Jakarta, Jumat (11/8)..

Dalam sambutanya, Lukman mengatakan, maksud diadakannya acara ini adalah untuk menginformasikan kepada alim ulama, pengurus ormas keislaman, akademisi, media dan lembaga kemitraan terkait sejumlah program dari Kementerian Agama.

“Diharapkan semua khususnya pemuka agama Islam itu memahami apa saja yang dilakukan pemerintah terkait pengembangan keagamaan di lingkungan umat Islam,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain itu, rakor ini juga dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dan menyerap aspirasi dari peserta terkait program-program Kemenag.

Lukman menyebut beberapa contoh program yang dilakukan Kementerian Agama melalui Ditjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam adalah mengenai program penyuluhan pranikah, tentang KUA, wakaf zakat, dan lain-lain.

“Kita ingin meningkatkan hubungan komunikasi pemerintah dengan ormas-ormas Islam. Persoalan kita terkadang sering muncul karena miss komunikasi maka perlu ada koordinasi,” kata Lukman.

Rapat Koordinasi Penguatan Fungsi Agama dalam Pembangunan Nasional sendiri diadakan sejak 10 Agustus hingga 12 Agustus 2017 dengan mengundang pejabat Kementerian Agama daerah, ormas-ormas Islam, pemuka Agama, dan media-media Islam. Mi’raj Islamic News Agency (MINA) juga ikut berpartisipasi dalam rakor ini. (L/R08/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)