MENAG : JAMAAH HAJI PERLU LEBIH BANYAK MINUM AIR MINERAL

Foto: Antaranews
Foto: Antaranews

Jakarta, 21 Syawal 1436/06 Agustus 2015 (MINA)  –  Dengan suhu menembus 53 derajat celcius, diimbau meningkatkan konsumsi air putih selama melakukan haji di nanti, sebab udara tersebut sangat panas.

Hakim Saifuddin, mengatakan, masyarakat dikenal sangat sedikit mengonsumsi air mineral, padahal, kelembapan udara di Arab Saudi rendah. “Sebagian besar jamaah tidak sadar akibat cuaca setinggi itu, cairan di tubuh mereka berkurang,” demikian menteri seperti yang  dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis (6/8).

“Kami mengimbau jamaah  agar mengonsumsi air minum sebanyak-banyaknya. Khusus pada saat Wukuf di Arafah, suhu udara di Arab Saudi di tahun ini diperkirakan akan semakin meningkat,” tambahnya.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, Kementerian Agama (Kemenag) selaku penyelenggara haji akan menambah jumlah pasokan air minum sebanyak dua kali lipat dari biasa di Mina, Musdalifah, dan Arafah, agar  jamaah tidak kekurangan air minum.

Sementara itu sebagian besar calon jamaah haji Indonesia juga memiliki risiko kesehatan yang cukup tinggi. “Sepuluh diagnosa penyakit terbanyak bagi calon jamaah haji Indonesia antaranya adalah darah tinggi, diabetes dan kelainan lemak darah,” ujar Chairul R, Ahli Staf Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan. (T/Karina/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0