MENAG LUNCURKAN PRA MUSABAQAH HAFALAN AL-QURAN DAN HADITS TINGKAT ASIA PASIFIK

Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

Jakarta, 22 Rabi’ul Akhir 1436/12 Februari 2015 (MINA) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi meluncurkan Pra Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) tingkat Nasional ke-7 serta tingkat ASEAN dan Pasifik ke-6 tahun 2015.

Dalam kesempatan peluncuran di Jakarta, Rabu (11/02) malam, Saudi untuk Indonesia juga memberikan penghargaan kepada beberapa pejabat tinggi Kabinet Indonesia Bersatu II yang telah membantu sehingga musabaqah itu berjalan dengan baik dan lancar, sesuai harapan.

Beberapa pejabat Kabinet SBY tersebut antara lain; Suryadharma Ali, Sudi Silalahi, Hatta Rajasa, Muhammad Nuh, Salim Assegaf al-Jufri, Muhaimin Iskandar, Dipo Alam dan mantan Wamenag Nasaruddin Umar, demikian siaran pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

MHQH tingkat nasional merupakan acara tahunan yang diselenggarakan berkat kerjasama Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia dengan Kementerian Agama. Event MHQH tingkat nasional sebelumnya (ke-6) pada Januari 2014 di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta.

Ada pun upacara penutupannya diselenggarakan di Masjid Sunda Kelapa Jakarta. Para pemenang MHQH tingkat nasional ini kemudian diikutkan dalam event yang lebih besar di tingkat Asia Pasifik.

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti MHQH terbilang besar. Pada tahun 2014, MHQH diikuti oleh 175 peserta (hasil seleksi lebih dari 500 peminat) yang berasal dari 19 provinsi, 53 Kabupaten/Kota dan 58 Perguruan Tinggi/Pondok Pesantren.

Cabang musabaqah untuk hafalan Al-Quran terbagi dalam kategori hafalan 30, 20, 15, dan 10 juz dan hafalan Hadist untuk kategori 500 hadist lengkap dengan sanad dan 400 hadist tanpa sanad.

Tim juri MHQH nasional adalah para pakar Al-Qur’an dan Hadits yang tergabung dalam Dewan Juri Nasional dan biasa menjadi juri Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) dan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional

Hadir dalam kesempatan ini Wakil Ketua DPR , Hakim MK , beberapa duta besar negara sahabat dan segenap keluarga besar Kedutaan Arab Saudi yang dipimpin Duta Besar Mustafa Ibrahim Al-Mubarak. Hadir pula Sekjen Kemenag Nur Syam, Dirjen Bimas Islam Machasin, dan Kabag TU Pimpinan Setjen Kemenag Khoirul Huda. (T/P010/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0