Menag: Mencintai Al-Quran Mulai Dikenalkan Sejak Usia Dini

Jakarta, MINA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, agar maka dimulai dengan mengenalkan kepada anak sejak .

“Mencintai Al-Quran dapat dimulai dengan mengenalkannya sejak usia dini,” kata Menag saat menghadiri Grand Final Qari Cilik Indonesia yang digelar Ajwa TV bekerjasama dengan Liputan 6 SCTV di Jakarta, dan ditayangkan pada Sabtu (30/4).

Menurutnya, Qari Cilik Indonesia merupakan bagian penting proses pengenalan Al-Quran di usia dini kepada seluruh generasi bangsa.

Menag juga mengatakan, sebagai petunjuk, Al-Quran adalah anugerah yang tiada tara bagi manusia. Untuk menyiapkan generasi masa depan dapat dimulai dengan mengenalkan Al-Quran. Hal ini sejalan dengan apa yang telah dipraktikkan para pendahulu negeri ini, para kyai dan tokoh agama.

“Kita tentu masih teringat saat kecil dulu belajar Al-Quran di surau, mushala, maupun masjid. Bahkan mengaji Al-Quran telah menjadi tradisi turun temurun,” ujarnya.

“Saya menyambut baik prakarsa dari jajaran Ajwa TV atas terselenggaranya Qari Cilik Indonesia. Ini adalah langkah nyata sinergi dalam memajukan dakwah Islam, khususnya mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Quran. Kita semua berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya,” papar Menag.

“Kepada para peserta beserta tim pengajarnya, saya juga mengucapkan ribuan terima kasih telah menjadi bagian dari gerakan cinta Al-Quran. Semoga melalui kegiatan ini para generasi muda kita semakin mengenal Al-Quran dan mempelajarinya,” pungkasnya.

Grand Final Qari Cilik Indonesia menampilkan tiga peserta setelah menyisihkan ribuan peserta lainnya yang diaudisi secara online dan sudah dilaksanakan dari bulan Februari lalu.

Keluar sebagai pemenag, juara 1 Annisa Syah (13 tahun) dari Batam, juara 2 Syahmi Rajih (13 tahun) dari Karawang, dan juara 3 Gaza Aqila Pasya (12 tahun) dari Sukamara Kalimantan Tengah.

Selain mendapatkan trophy dan hadiah uang tunai dari Ajwa TV, Menag menambahkan hadiah 15 juta rupiah untuk juara 1, 10 juta rupiah untuk juara 2, dan 5 juta rupiah untuk juara 3. (R/R5/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.