MENAG MINTA UMAT ISLAM TIDAK TERPROVOKASI DAN MAIN HAKIM SENDIRI

kemenagBekasi, 24 Rabi’ul Akhir 1435/14 Februari 2015 (MINA)– Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta umat Islam tidak terprovokasi, terpancing lalu membalas dengan tindakan main hakim sendiri serta mengajak untuk mempercayakan sepenuhnya kepada kepolisian untuk memproses hukum bagi siapapun yang terlibat.

Pernyataan tersebut disampaikan saat ditanya soal penyerangan Kompleks Majelis Dzikir Az-Zikra pimpinan KH di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (09/02) lalu.

“Saya berharap para ulama, ustadz, kyai untuk memberikan pemahaman kepada umatnya sehingga tidak tidak terprovokasi,” kata Menag usai membuka acara Konferensi Persatuan Muslim Wanita Internasional (Union Women Muslim International/IMWU) di Kampus Universitas Islam Assyafi’iyah, Jatiwaringin, Bekasi, Sabtu (14/02), seperti yang dinyatakan dalam siaran pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Lukman mengatakan, pihaknya berharap aparat kepolisian bisa secepat mungkin memproses permasalahannya, sehingga bisa diputuskan di pengadilan siapa saja yang bersalah.

“Aparat kepolisian bertugas untuk mengungkap dan mengusut siapa pelaku di balik kejadian tersebut, termasuk mengungkap motifnya, sehingga kita bisa memahami apa yang sebenarnya menjadi penyebab kejadian tersebut,” Ujar Menag.

Menag khawatir peristiwa itu terjadi karena ada yang ingin membenturkan umat Islam Indonesia dengan mengangkat isu perselisihan Sunni dan   seperti yang terjadi di negara lain, seperti di , dan sejumlah negara lainnya.

“Kita sama sekali tidak menginginkan hal itu terjadi di Indonesia, karena kita umat Islam yang moderat, yang penuh toleransi dan kedamaian agar dapat bersikap arif melihat persoalan ini,” katanya.

Menag mengecam keras tindakan main hakim sendiri apalagi dengan cara kekerasan karena agama Islam sama sekali tidak mentolerir perilaku atau tindakan main hakim sendiri dengan cara-cara kekerasan. (T/P010/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0