MENAG: TINGKATKAN IBADAH SAMBUT LAILATUL QADAR

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto : Menag)
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto : Menag)

, 18 Ramadhan 1435/16 Juli 2014 (MINA) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, dalam menyambut malam Lailatul Qadar yang harus ditingkatkan tidak hanya Ibadah mahdhah bersifat vertikal (hubungan manusia dengan Allah), tetapi juga ibadah yang bersifat sosial – horizontal (hubungan sesama manusia).

“Jadi, dalam kaitannya menghadapi Lailatul Qadar, yang harus ditingkatkan tidak hanya ibadah mahdlah yang vertikal kepada Allah saja, tetapi juga ibadah yang sifatnya horizontal, kata Menteri Agama saat ditemui pada acara Buka Bersama Menag dengan Penggiat Hak Asasi Manusia (HAM) dan Lembaga Keagamaan di rumah dinasnya, Jakarta, Selasa (16/7).

Menag mengingatkan bahwa fungsi kehalifahan manusia adalah untuk bisa menebarkan kemaslahatan bagi sesama makhluk, umat Islam. “Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak bisa memberikan manfaat bagi sesamanya,” terang Menag.

Ditanya tentang contoh yang dimaksudkan dengan ibadah horizontal. Menag menjelaskan, kita mempunyai peran dan fungsi sosialnya masing-masing, baik sebagai kepala rumah tangga, ibu rumah tangga, anak, tetangga, warga RT, warga bangsa, siswa sekolah, pegawai kantor, dan lainnya.

“Masing-masing kita mempunyai fungsi sosial yang berbeda-beda. sebaik-baik kita adalah yang bisa memberikan manfaat sebanyak mungkin bagi lingkungan sekitar kita,” tutur Menag.

“Masing-masing orang tentu berbeda-beda. Termasuk juga kemauan kita untuk memberikan sedekah, zakat, itu juga termasuk aspek sosial,” tambahnya. (L/P012/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0