Mendikbud Imbau Orang Tua Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

Jakarta, 12 Syawwal 1437/17 Juli 2016 (MINA) – Hari pertama sekolah menjadi momen paling penting dalam menyambut tahun pelajaran baru. Hari itu, peserta didik akan menghadapi suasana baru, kelas baru bahkan mungkin teman baru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Anies Baswedan, mengimbau seluruh orang tua untuk mengantarkan anak-anaknya di hari pertama sekolah. Hal itu di sampaikan melalui surat edaran yang dikeluarkan beberapa waktu lalu.

”Anak-anak kita menggunakan sebagian waktunya di sekolah. Mereka mengisi sepertiga harinya dengan berkegiatan di sekolah. Lima sampai enam hari dalam seminggu mereka belajar di sekolah serta bertahun-tahun mereka berkegiatan di sekolah. Moment hari pertama itulah orang tua melihat rumah kedua anak-anak. Ada wajah masa depan anak-anak kita di sekolah,” katanya di kantor Kemdikbud beberapa waktu lalu, demikian keterangan pers yang diterima Mi’raj News Agency (MINA).

Dalam surat edaran, menyampaikan bahwa perlu diadakan Kampanye Hari Pertama Sekolah yang mengajak orang tua mengantarkan anaknya di hari pertama. Hal ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan keterlibatan public dalam penyelenggaraan perdidikan disekolah.

Keterlibatan orang tua sangat diharapkan dalam mendampingi anak di hari pertama sekolah. Di hari pertama masuk sekolah, orang tua dan murid bisa berkenalan dengan warga sekitar sekolah, saling menyapa di gerbang sekolah, melihat-lihat sekolah bersama, menyapa guru-guru di sekolah, berkenalan dengan orang tua murid lainnya, berinteraksi dengan wali kelas, melihat fasilitas sekolah serta berbagi ide, dan inisiatif untuk kemajuan sekolah.

”Mengantarkan anak ke sekolah adalah kesempatan membangun hubungan positif antara lingkungan pendidikan di rumah dan sekolah. Mengantar bukan sekedar sampai sampai gerbang sekolah lantas pergi. Mengantar berarti menemani dan membangun interaksi dengan guru dan orang tua murid lainnya,” jelasnya. (T/ima/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.