Mengapa Minuman Instan Menyebabkan Gagal Ginjal (Oleh: dr. Suwardi Sukri)

Oleh: dr. Suwardi Sukri, Dokter Integratif Medicine

Dalam salah satu acara live interaktif Nikmatnya Hidup Sehat, Wesal TV, yang saya asuh tiap Jumat, jam 10.00-11.00 WIB, seorang pemirsa berusia 23 tahun bertanya pada saya: “Pak Dokter, saya divonis dan harus cuci darah. Saya gemar main futsal tiga tahun terakhir. Habis main futsal, saya minum penambah energi agar tubuh joss lagi. Mengapa bisa gagal ginjal ya?”

Pasti anda dan banyak orang juga bertanya apa hubungannya dengan ginjal bukan?

Begini penjelasannya.

Minuman penambah energi dan minuman instan memiliki zat pemanis buatan dan zat kimia yang dapat membuat cairan yang melewati kapiler ginjal menjadi lebih kental.

Kapiler ginjal yang terdapat pada glomerolus dan tubulus di nefron ginjal ini bentuknya sangat halus sehingga sensitif pada kepekatan cairan yang melewatinya. Cairan yang terlalu kental juga menyebabkan perbedaan tekanan hidrostatik sehingga kapiler mudah menjadi rusak. Jika rusak, ginjal tak dapat membentuk nefron baru lagi sehingga kondisi ginjal tak dapat dipulihkan lagi.

Tidak hanya karena kentalnya cairan, kapiler ginjal yang disusun oleh sel Mesangial ini mudah mengalami oksidasi oleh radikal bebas. Gula buatan dan zat kimia sintetis menjadi sumber radikal bebas yang berbahaya.

Bentuk oksidasi yang paling berbahaya adalah Reactive Oxygen Species (ROS). ROS ini merusak dinding kapiler ginjal sehingga tak mampu menghasilkan Nitrooksida (NO). Padahal NO ini dibutuhkan agar kapiler dapat berkontraksi. Aktivitas ROS meningkat manakala seseorang mengonsumsi minuman instan berkandungan gula tinggi. Dampaknya kapiler kehilangan kemampuan kontraksinya.

Ada satu juta nefron di kiri dan kanan ginjal kita. Bisa dibayangkan ketika kapiler-kapiler nefron mengalami kerusakan, ginjal gagal menjalankan secara optimal fungsinya menyaring limbah metabolisme tubuh yang harus segera dikeluarkan. Akibatnya limbah menumpuk dan terjadilah gagal ginjal.

Sebagai informasi, gula apalagi gula sintetis mudah menimbulkan AGEs (Advanced Glycation End products) sebagai biang terjadinya penuaan organ. Itulah sebabnya mengapa penderita diabetes mudah mengalami gagal ginjal.

Nah sudah tahu apa sebabnya gagal ginjal kan? Yuk mulai sekarang minumlah minuman sehat bergula alami dan kurangi konsumsi gula. Wallahu’alam bishshawab.

Salam sehat alami.

(A/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)