Meningkatkan Mutu Sertifikasi Nasional Untuk Memperkuat Daya Saing

Jakarta, 4 Muharram 1438/5 Oktober 2016 (MINA) – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi () Mohamad Nasir menghadiri sekaligus membuka Seminar Penerapan ISO/IEC 17024 untuk memperkuat daya saing SDM Indonesia di pasar global yang berkualitas agar bisa berkompetisi di dunia.

“Dengan adanya seminar ini, saya sangat mengapresiasi Badan Standardisasi Nasional () turut dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkompeten dan memiliki sertifikat profesi, jangan sampai kita dalam era kompetisi ini kita tidak mampu berkompetisi dengan baik,” katanya Seminar Penerapan SNI ISO/IEC 17024, di gedung BPPT Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa.

Selanjutnya, dalam keterangan pres Kemenristekdikti yang dikutip MINA, Nasir juga meminta kepada BSN untuk tetap menjaga kualitas BSN sehingga jangan sampai menjadi lembaga sertifikasi profesi yang hanya sebagai tukang stempel saja.

Selain itu, Menristekdikti mengatakan jangan sampai dalam era kompetitif ini kita tidak dapat bersaing karena dalam era globalisasi disanalah kompetitif kita diuji, dan berharap dapat kompetitif di dunia internasional apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini, tidak ada batas dalam dunia internasional, yang menjadi batasan adalah administrasi.

“Semoga sertifikasi di Indonesia dapat menjaga mutu sertifikasi yang di keluarkan dan menghasilkan sumber daya yang kompeten. Semoga seminar pagi ini dapat menjadi nilai tambah bagi kita semua khususnya yang menyangkut sertifikasi dan profesi,” ujarnya.

Pada acara seminar ini Menristekdikti juga memberi sertifikat akreditasi kepada 7 LSP (Lembaga Sertifikasi Personel) diantaranya adalah LSP pusat pengembangan tenaga perminyakan dan gas bumi, LSP pusat pengujian mutu barang, LSP pusat standarisasi lipi, LSP balai besar bahan dan barang teknik, LSP user pln, LSP bidang keteknisan medik, dan LSP quantum. (T/ima/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)