MENJELANG WUKUF, JEMAAH HAJI PADATI MASJIDILHARAM

Foto: Kemenag
Foto:

, 6 Dzulhijjah 1436/20 September 2015 (MINA) – Kepadatan semakin terlihat jelas di Masjidilharam, Mekkah, kemarin dini hari. Menjelang kumandang adzan salat subuh sekitar pukul 04.50 waktu Arab Saudi (WAS), tak ada sejengkal tempatpun yang tersisa.

Halaman luas di depan pintu masuk King Fahd seolah menjadi lautan manusia, dan penuh terisi jamaah. Bahkan emperan toko dan tangga naik pun dijejali jamaah yang membeludak. Mereka datang secara berombongan dari berbagai negara. Sebagian bahkan tak memakai alas sajadah dan alas untuk salat.

Demikian laporan Media Center Haji (MCH) Indonesia yang masuk lewat basement di pintu Babul Malik Fahd sempat tertahan saat naik eskalator ke halaman Masjidilharam.

 “Subhanallah, jamaahnya penuh sesak sampai nggak ada tempat buat jalan,” kata Wusana Bayu, salah satu petugas haji. Sebagaimana siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Tak hanya di halaman, jamaah pun terlihat memenuhi salah satu gedung bertingkat yang ada di pinggir halaman Masjidilharam. Saat akan wudhu di bangunan toilet nomor 5 pun harus antre karena pintu masuk sudah dipenuhi orang yang bersiap melaksanakan salat subuh.

Praktis semua yang ingin bergeser harus melompati deretan jamaah yang sudah duduk berhimpitan. Saking penuhnya, pelataran sempit di basement toilet dekat eskalator pun dipakai untuk jamaah untuk persiapan salat.

“Tadi saya berangkat dari rumah jam 3 pagi dari pemondokan. Biar dapat salat subuh dalam masjid, tapi ternyata sampai di sini juga sudah penuh. Akhirnya salat di emperan toko di sana itu,” kata Abdul Basyid, jamaah haji asal Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur.

Ia mengaku sebenarnya sudah mempersiapkan diri untuk datang sekitar dua jam sebelum waktu salat subuh. “Namun jalannya sudah macet. Jamaah ke sini semua,” terangnya.

Jamaah haji lainnya, Musamiruddin menambahkan bahwa mendekati puncak ibadah haji di Arafah, jamaah memang semakin membeludak di Masjidilharam. “Soalnya kan jamaah haji Indonesia sudah hampir seluruhnya datang ke Mekkah,” jelasnya. (T/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0